Sukses

Pemerintah Siap Jelaskan kepada DPR Soal Pembatalan BG

Pemerintah masih melihat undangan yang disampaikan DPR terkait siapa yang akan memberikan penjelasan masalah itu kepada anggota DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah siap memberikan penjelasan kepada DPR perihal pembatalan pelantikan Komjen (Pol) Budi Gunawan menjadi Kapolri dan mengajukan Komjen (Pol) Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri.

"Tergantung undangannya seperti apa, tetapi kami dari pemerintah sudah siapkan jawaban untuk DPR," kata Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta usai menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dari kunjungan luar negeri, Minggu (29/3/2015) malam.

Namun demikian Tedjo mengatakan, pemerintah masih melihat undangan yang disampaikan DPR terkait siapa yang akan memberikan penjelasan masalah itu kepada anggota DPR.

"Belum ada undangan ke situ, kami siapkan, apakah nanti Presiden, atau Menko, kita lihat," kata dia.

Sejumlah kalangan di DPR sebelumnya mempertanyakan keputusan Presiden yang mengajukan calon Kapolri Komjen (Pol) Badrodin Haiti untuk uji kelayakan di DPR. Padahal sebelumnya anggota DPR telah melakukan uji kelayakan terhadap Komjen (Pol) Budi Gunawan yang juga diajukan pemerintah.

Namun usai lolos fit and proper test, Budi Gunawan batal dilantik sebagai Kapolri lantaran tersandung masalah hukum. Dia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus dugaan rekening mencurigakan.

Presiden Jokowi pun kemudian menunjuk Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon kapolri pengganti Budi Gunawan. (Ant/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini