Sukses

Halmahera Barat Kembali Diguncang Gempa

BMKG menegaskan, gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami. Hingga kini juga belum ada laporan dampak gempa tersebut.

Liputan6.com, Halmahera Barat - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,6 skala Richter di barat laut Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, sekitar pukul 14.50 WIB.

Gempa tersebut berpusat di koordinat 1,67 derajat Lintang Utara (LU) dan 126,55 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa tersebut berada di utara Laut Maluku, atau 116 kilometer barat laut Halmahera Barat, 129 kilometer barat laut Ternate, 143 kilometer barat laut Tidore, 155 kilometer barat laut Sofifi, Maluku Utara, dan 2.358 kilometer timur laut Jakarta.

Namun BMKG menegaskan, gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami. Hingga kini juga belum ada laporan dampak gempa tersebut.

Warga Halmahera Barat pada Rabu 18 Maret lalu juga dikejutkan gempa berkekuatan 6,2 SR. Gempa di kedalaman 10 km atau bawah laut itu terjadi pada pukul 05.12 WIB. Pusat gempa berada 115 km barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara. Gempa ini tidak memicu potensi tsunami.

Namun Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, gempa tersebut dirasakan kuat di Halmahera Barat selama 5 detik. Masyarakat di Kota Ternate juga merasakan guncangan cukup kuat selama 3-5 detik. (Ant/Rmn/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini