Sukses

Banjir dan Longsor di Purworejo Tewaskan 1 Orang

Longsor terjadi di Desa Purbayan, sedangkan banjir menggenangi rumah penduduk di Desa Pamriyan, Wonosido, Sawangan, Purworejo, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Purworejo - Hujan deras membuat Sungai Gebang Gede tak mampu menahan debit air hujan, hingga menyebabkan banjir disertai longsor melanda 4 desa di Kecamatan Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah, kemarin malam. Longsor terjadi di Desa Purbayan, sedangkan banjir menggenangi rumah penduduk di Desa Pamriyan, Wonosido, Sawangan.

"Akibat hujan deras di kawasan tersebut dinding tanggul Sungai Gebang Gede jebol, mengakibatkan banjir dan longsor," kata Kepala BPBD Purworedjo Budi Hartono saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (29/3/2015).

Longsor juga mengakibatkan 3 rumah hancur dan sebuah jembatan rusak. Selain menimbulkan kerusakan material, bencana banjir dan tanah longsor menelan 1 korban jiwa. Kiman, warga Kecamatan Pituruh, terjepit badan kendaraan di garasi rumahnya saat tanah yang terbawa air menimbun rumahnya.

"Korban tewas, Kiman 24 tahun yang terjepit di antara 2 mobil ketika ada longsor," tutur Budi.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengimbau, masyarakat untuk tetap waspada pada musim peralihan. Sebab kerap terjadi perubahan cuaca yang cepat, sehingga menimbulkan berbagai bencana alam.

"Musim pancaroba selalu ditandai dengan hujan ekstrem. Waspadai banjir, longsor dan puting beliung," pungkas Sutopo melalui siaran persnya. (Fiq/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.