Sukses

Apa Hubungan Donor Darah dengan Calon Pengantin? Simak JK

Wakil Presiden yang juga Ketua PMI Jusuf Kalla menghadiri acara donor darah saat Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menghadiri acara donor darah saat Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta. Dalam kesempatan itu, pria yang karib disapa JK tersebut membeberkan sejumlah manfaat donor darah, salah satunya untuk para cara pengantin.

Menurut JK, dengan berdonor darah, kita bisa membantu menyelamatkan hidup orang lain. Menyumbangkan darah juga bisa menandakan seseorang sehat.

"Donor darah itu kebutuhan semua orang. Hari ini bisa saja donor, yang butuh orang lain, teman, saudara, atau juga kita yang butuh karena sakit atau mau dioperasi," kata J‎K dalam acara Car Free Day di bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/3/2015).

"Bagi pemuda-pemuda ini penting bagi gaya hidup, makin donor makin sehat. Yang mau kawin, lapor sudah donor. Artinya bebas sifilis, hepatitis, kalau sudah donor," tambahnya.

Acara donor darah yang dilakukan serentak di 25 kota se-Indonesia ini digelar oleh ormas sayap PDIP Taruna Merah Putih bekerja sama dengan PMI. Acara ini juga menerima penghargaan rekor dunia oleh Muri sebagai‎ program donor terbanyak secara serentak.

‎JK meminta acara serupa dilakukan secara berkala dengan melibatkan lebih banyak masyarakat.

"Ini amal yang penting untuk kita semua. Kalau hari ini 25 kota, saya setuju dan dukung PMI untuk laksanakan 50 kota. Kita lanjutkan pendonoran karena bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," pungkas mantan Ketua Umum Golkar tersebut.

‎Selain JK, acara ini juga dihadiri Ketua Harian PMI Ginandjar Kartasasmita, Ketua PMI Jakarta Rini Sutiyoso, dan Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini