Sukses

Enaknya Cicipi Sate Gurita hingga Teh Tarik di Sabang

Salah satu kuliner unik yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Sabang adalah sate gurita yang ada di Taman Wisata Kuliner.

Liputan6.com, Sabang - Akhir pekan tiba, waktunya berwisata kuliner. Kali ini Jelajah Kuliner berkunjung ke kota paling ujung barat Indonesia, ya Sabang, Aceh. Di kota tersebut banyak dijajakan berbagai macam kuliner khas yang menggugah selera.

Kota Sabang tak cuma terkenal dengan keindahan alamnya, yaitu pantainya yang elok. Namun juga wisata kulinernya. Jelajah Kuliner kali ini akan mencicipi 3 kuliner khas kota Sabang.

Salah satu kuliner unik yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Sabang, yakni sate gurita. Lokasinya di Taman Wisata Kuliner, Sabang.

Hasil laut di Aceh banyak seperti udang, kepiting, cumi, ikan, dan lainnya. Namun warung makan sate gurita ini memilih menyajikan sate gurita. Pemilik rumah makan beralasan kalau daging gurita itu enak, lebih besar dibanding cumi, memasaknya pun mudah dan tentunya lebih puas.

Sate gurita dipadukan dengan pedasnya bumbu padang. Begitu pada gigitan pertama, rasanya lembut, kenyal, dan tidak amis. Satu porsi harganya hanya Rp 15.000 saja. Terjangkau bukan?

Beralih dari sate gurita, kuliner lainnya di Jalan Perdagangan No. 48 Sabang, yakni mi sedap rebus. Mi ini disajikan di Kedai Mi Sedap yang menjadi favorit di Sabang. Satu porsi besar mi sedap rebus yang ditaburi potongan daging ayam dan daun bawang harganya hanya Rp 10.000.

Puas menikmati sate gurita dan mi sedap, saatnya untuk ngopi cantik di De Sagoe Kuphie yang paling hits di Sabang. Kedai kopi ini terletak di Bundaran Simpang Garuda.

Ada 3 minuman andalan di kedai kopi ini, yakni teh tarik, ulee kareng (kopi hitam), dan sanger (kopi susu). Kopi ulee kareng yang terasa pahit bisa dinikmati bersama roti selai srikaya manis. Kopi ini dihargai Rp 5.000 hingga Rp 6.000 per porsi, dan roti selai srikaya hanya Rp 2000.

Tiga macam kuliner khas tersebut bisa menjadi rekomendasi kuliner Anda ketika berkunjung ke Sabang. Saksikan Jelajah Kuliner selengkapnya yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (28/3/2015), di bawah ini. (Dan/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.