Sukses

PAN Sudah Tunjuk Ketua Fraksi di DPR yang Baru?

Nama Ketua Fraksi PAN di DPR secara resmi akan diumumkan pada Senin 30 Maret ‎2015.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) belum mempunyai Ketua Fraksi di DPR sepeninggal Tjatur Sapto Edi yang mundur beberapa waktu lalu. Namun, tanda-tanda Ketua Fraksi yang baru tersirat‎ sudah ditunjuk.

Hal itu sebagaimana dilontarkan ‎Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais usai Rapat Harian Perdana Pengurus DPP PAN di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat 27 Maret 2015.

Amien secara langsung sudah 'memberi tahu' bahwa Ketua Fraksi PAN yang baru adalah Wakil Ketua Umum DPP PAN Mulfachri Harapan. Saat ditanya tentang sikap PAN terkait hak angket DPR terhadap Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Amien ‎mengatakan, agar awak media bertanya kepada Mulfachri sebagai Ketua Fraksi yang baru.

"Tanya Pak Mulfachri Ketua Fraksi yang baru (soal hak angket)," kata Amien.

Sementara saat dikonfirmasi, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menyebut, nama Ketua Fraksi PAN di DPR secara resmi akan diumumkan awal pekan depan. Tepatnya Senin 30 Maret ‎2015.

"Nanti diputuskan, Senin depan," kata Zulkifli.

Sedangkan Mulfachri yang dimintai konfirmasinya atas pernyataan Amien Rais tersebut juga tidak secara tegas menyatakan iya atau tidak. Dia juga menyatakan hal yang sama dengan Zulkifli, bahwa Ketua Fraksi PAN baru akan diumumkan pada Senin.

"Kita lihat satu atau dua hari ini. Paling lambat Senin (diumumkan) siapa diminta memimpin teman-teman di DPR," kata Mulfachri.

Usai pelaksanaan Kongres IV PAN di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu, Tjatur Sapto Edi mundur sebagai Ketua Fraksi PAN di DPR.‎

Tjatur merupakan salah satu pendukung eks Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa yang mencalonkan kembali dan bersaing dengan Zulkifli Hasan dalam memperebutkan kursi Ketua Umum DPP saat kongres tersebut. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.