Sukses

Polisi yang Marahi Sopir Transjakarta Dipanggil Polda Metro Jaya

Brigadir M ditemani Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Irvan.

Liputan6.com, Jakarta - Gara-gara videonya yang memarahi sopir Bus Transjakarta beredar di Youtube, anggota Sat Gatur Ditlantas Polda Metro Jaya, Brigadir M, kini harus berurusan dengan atasannya. Brigadir M hari ini mendatangi Polda Metro Jaya setelah dipanggil Kabid Humas Kombes Pol Martinus Sitompul terkait aksinya di video berdurasi 1 menit 30 detik itu.

Pantauan Liputan6.com, Brigadir M yang menggunakan seragam lalu lintas lengkap dengan rompi hijau tiba di pelataran gedung Humas Polda pukul 14.00 WIB. Ia ditemani Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Irvan.

"Saya harus periksa dulu anggotanya, setelah itu baru saya berikan keterangan," ujar Martinus melalui pesan tertulis, Kamis (26/3/2015).

Video Brigadir M beredar setelah pada Selasa 24 Maret 2015, salah seorang penumpang bus Transjakarta merekam tindakannya yang membela seorang pengendara motor yang memasuki jalur Transjakarta atau busway. Brigadir M bahkan malah memarahi sopir bus. Tindakan itu kontan membuat para penumpang di dalam busway tersebut geram. Apalagi si pengendara motor diketahui tidak memakai helm.

"Yang salah motor... Yang salah motor Pak. Ayo kita ke Polda ramai-ramai," teriak salah satu penumpang yang ada dalam busway bernomor TJ 0149 tersebut.

Semua penumpang ramai-ramai ikut berteriak dan menghujat aksi Brigadir M. Merasa dibela polisi, si pengendara motor yang juga ada di dalam bus ikut membela diri.

"Bapak-ibu mohon maaf ya, saya roda dua, ini (bus Transjakarta) roda empat. Kalau saya mati bagaimana Pak?" kilah pengendara motor yang tak diketahui identitasnya tersebut.

Sontak, aksi pembelaan diri itu langsung membuat emosi para penumpang makin meluap. Mereka meneriaki sang pengendara motor yang dengan percaya diri merasa dirinya tak bersalah.

"Bukan salah supir, apalagi pemotor nggak pakai helm. Masuk busway kok nggak ditilang. Foto aja orangnya Pak... foto aja orangnya pak," seru para penumpang berkali-kali.

Merasa terpojok, polisi itu malah membalas teriakan penumpang dengan suara lantang, "Saya berhak, saya berhak... Saya petugas di sini." (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.