Sukses

3 Warga Malang Terduga ISIS Anggota Jaringan Mubarok Attamimi

Polda Jatim terus mendalami dan melakukan pemetaan ulang kantong-kantong radikalisme dan terorisme.

Liputan6.com, Surabaya - Tiga warga Malang yang diduga bergabung dengan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS)  merupakan jaringan kelompok Salim Mubarok Attamimi alias Abu Janda.

Kelompok ini sempat menghebohkan publik setelah menyebarkan tantangan perang terhadap Panglima TNI, Kapolri, dan Banser NU, melalui YouTube beberapa waktu lalu. Ketiganya telah ditangkap aparat Densus 88 Mabes Polri

"Mereka berinisial AH, AM dan AJ. Kami terus melakukan pengembangan dengan memaksimalkan petugas intelijen di lapangan," tutur Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anas Yusuf, Kamis (26/3/2015).

Dia menambahkan pihaknya terus mendalami dan melakukan pemetaan ulang kantong-kantong radikalisme dan terorisme, yang juga sebagai langkah pencegahan dini. "Semua daerah kita diawasi," imbuhnya.

Anas mengatakan kelompok radikal seperti ISIS juga menjadi salah satu bahasan di acara Rapim di Polda Jatim. "Kami berharap bisa menciptakan iklim investasi yang kondusif di wilayah Jawa Timur," pungkasnya.

Tim Satgas Antiteror Polri menangkap terduga ISIS Helmi Aalamudi di kawasan Jalan Soputan, Kelurahan Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 25 Maret 2015.

Penangkapan Helmi berselang 1 jam setelah dibekuknya Abdul Hakim Munabari oleh Satgas Antiteror di Kecamatan Klojen, Malang. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.