Sukses

JK: China Tak Klaim Miliki Pulau Natuna

JK menjelaskan, yang diakui China sebagai wilayah teritorinya adalah pulau yang berada di bagian utara Pulau Natuna.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah China dikabarkan mengklaim Pulau Natuna masuk dalam wilayah negaranya. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membantah kabar tersebut.

JK menjelaskan, yang diakui China sebagai wilayah teritorinya adalah pulau yang berada di bagian utara Pulau Natuna.

"Itu tidak diklaim, yang diklaimnya itu atasnya Natuna, bukan diklaim. Ya kan jauh, itu yang diklaim yang berdekatan, kita kan jauh," ujar dia di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Untuk pulau yang berada di utara Pulau Natuna, lanjut JK, memang banyak diperebutkan banyak negara. Bukan hanya China saja.

"Itu (pulau) yang diklaim China, Vietnam, Filipina, Taiwan, itu saja," kata JK.

Sementara Pulau Natuna, tegas JK, tetap menjadi bagian dari wilayah Indonesia dan tidak diklaim negara lain. "Tidak ada (klaim), kan itu ada di bawah peta kita," tandas JK.

Sebelumnya dikabarkan, Kabupaten Natuna yang terletak di Laut China Selatan dimasukan pemerintah China dalam peta negaranya dan diakui sebagai wilayah negeri tirai bambu itu. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • JK

  • Pulau Natuna

Video Terkini