Sukses

Konser Malam One Direction, Penggemar Sudah Datang Sejak Subuh

Directioners yang mayoritas remaja putri ini sampai rela tidur di mobil dan menghabiskan pagi di depan gerbang Gelora Bung Karno (GBK).

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Regu Patroli Sekuriti Gelora Bung Karno (GBK) Rony Jakarsih mengaku sempat dibuat pusing dengan para Directioners yang terlalu bersemangat masuk jelang konser One Direction malam ini, Rabu (25/3/2015).

Lelaki berusia 38 tahun ini mengatakan sejak subuh tadi, para Directioners (sebutan untuk penggemar One Direction) sudah mulai berdatangan untuk mencoba masuk ke dalam lokasi konser.

Directioners yang mayoritas remaja putri ini sampai rela tidur di mobil dan menghabiskan pagi di depan gerbang GBK. Ia sendiri berada di lokasi sejak pukul 06.00 WIB dengan dibantu 80 anggotanya, untuk mengamankan jalannya konser tersebut.

"Jadi penonton mulai datang dari jam 03.00 subuh tadi, jam 06.00 pagi sudah ada ratusan penonton di depan gerbang, Mereka menunggu pintunya dibuka. Rata-rata mereka datang dari luar kota," kata Rony kepada liputan6.com di pintu B GBK Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Ia pun bercerita, ada beberapa penonton yang tumbang sebelum mereka menikmati konser Boy Band asal Inggris ini. Rata-rata karena lelah, hingga pingsan di depan gerbang dan terinjak massa yang mulai tak terkendali. Namun, korban yang terinjak tak sampai mengalami luka serius karena panitia acara sigap membopong korban ke mobil ambulans yang sudah disediakan promotor konser.

"Sekitar jam 10.30 siang kejadiannya. Mungkin mereka kelelahan nunggu dari pagi, sampai akhirnya nggak kuat lalu pingsan. Sempat terinjak-injak juga karena ratusan orang yang memaksa masuk. Padahal arahannya jam 05.00 sore gerbang baru dibuka. Ada juga yang sesak nafas berdesak-desakan. Tapi promotornya cepat tanggap, yang pingsan langsung dirawat di dalam ambulana mereka," jelas Rony.

Kondisi yang mulai tak kondusif itu pun dimanfaatkan tangan-tangan usil untuk mengambil barang para penonton. Rony memaparkan ada 5 laporan pengaduan dari korban yang mengakui telepon genggamnya hilang saat berdesak-desakan di pintu gerbang.

"Padahal kami sudah berikan imbauan kepada mereka, misalnya tas selalu ditaruh di depan, Tapi tetap saja copetnya lebih lihai. Kalau keadaan ramai begitu memang rawan," imbuh dia.

Meski kawasan Senayan diguyur hujan dari siang hingga malam hari, para penggemar 1D yang rata-rata remaja putri tak gentar menembus hujan menuju lokasi konser. Berdasarkan data dari Polda Metro Jaya, 1.709 personel kepolisian diturunkan untuk mengamankan konser One Direction yang akan dipadati 50 ribu Directioners.

One Direction merupakan boyband bentukan Simon Cowell. Grup yang digawangi Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles, Niall Horan, dan Louis Tomlinson ini lahir di London, Inggris, 2010 lalu. Sebelum ke Indonesia, One Direction terlebih dulu menggelar konser di Manila, Filipina, pada 21 Maret lalu. Kini boyband ini siap menghibur pada Directioners -- sebutan penggemar One Direction di Indonesia. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini