Sukses

Warga China Diajak Kenal Sosok Presiden Jokowi Lewat Buku

Indonesia melihat China sebagai salah satu mitra penting dan strategis di kawasan Asia.

Liputan6.com, Beijing - China saat ini tengah menjelma menjadi negara super power baru. Pertumbunhan ekonomi Negara Tirai Bambu beberapa tahun belakangan begitu pesat.

Indonesia melihat China sebagai salah satu mitra penting dan strategis di kawasan Asia. Demi memperat hubungan RI-China, KBRI Beijing menginginkan agar warga negara tersebut dapat mengenal sosok Presiden Joko Widodo lebih lebih dalam lagi.

Perwujudan dari cita-cita itu dilakukan KBRI Beijing dengan meluncurkan buku berbahasa Mandarin berjudul 'Dari Bantaran Kali Anyar Hingga Istana, Kisah Presiden Jokowi'.

Peluncuran buku itu dilaksanakan oleh Duta Besar RI untuk China Soegeng Rahardjo. Dalam sambutannya, Soegeng menyebut buku biografi tersebut memiliki beberapa keistimewaan, antara lain buku ini merefleksikan proses reformasi Indonesia yang semakin matang.

Ini ditujukkan dengan keberhasilan Presiden Jokowi menjadi orang nomor satu di Indonesia. Hal itu diartikan bahwa di Indonesia siapa pun punya kesempatan jadi Presiden meski dia tadinya hanya warga negara biasa.

"Menilik isi dari buku 'Dari Bantaran Kali Anyar Hingga Istana, Kisah Presiden Jokowi', pembaca akan dibawa oleh penulis untuk lebih mengenal sosok Presiden Joko Widodo, sejak kecil, proses perjuangan menempuh pendidikan, membuka usaha, hingga menjadi seorang presiden," kata Dubes Soegeng seperti Liputan6.com kutip dari keterangan pers Kementerian Luar Negeri, Rabu (25/3/2015).

Lebih istemewanya lagi, lanjut Dubes Soegeng, buku ini tidak ditulis oleh orang Indonesia. Melainkan seorang akademisi China Professor Xu Liping.

Secara khusus Dubes Soegeng pun memberi pujian pada Xu. Dia menilai Xu adalah orang berjasa bagi peningkatan hubungan kedua negara ini. (Ger/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi