Sukses

PRD Bangkit Lagi, Siap Dukung Trisakti dan Nawacita Jokowi-JK

Tepat pada hari ini PRD menggelar Kongres VIII di Hotel Acacia, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang dikenal sebagai kelompok penentang rezim Orde Baru kini bangkit lagi. Tepat pada hari ini PRD menggelar Kongres VIII di Hotel Acacia, Jakarta.

Ketua Umum PRD Agus Jabo Priyono mengatakan akan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau Jokowi-JK yang mengedepankan Trisakti dan Nawacita.

"Hari ini kita mengadakan Kongres VIII secara terbuka agar masyarakat mengetahui lagi keberadaan kita. Kita akan mengumumkan kepada masyarakat, kita akan (ikut) memperjuangkan Trisakti sebagaimana pemerintah sekarang (Jokowi-JK) juga ikut menjalaninya dengan Nawacita-nya," ujar Agus Jabo di Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Bersama partainya, Agus Jabo bertekad kembali menegakkan cita-cita sesuai dengan amanat proklamasi pada 17 Agustus 1945 yang berada di garis ideologis Pancasila. Meski demikian, PRD akan bisa berseberangan dengan pemerintah jika Jokowi-JK tidak dalam on the track (sesuai jalur) Trisakti dan Nawacita-nya.

"Kalau on the track dalam memperjuangkan semangat Trisakti, kita akan mendukungnya. Tapi jika tidak, kita akan beroposisi," jelas Agus.

Agus Jabo Priyono termasuk anggota pendiri dan salah satu pemimpin utama PRD pasca-tertangkapnya Budiman Sudjatmiko, sang pemimpin utama yang kini bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada tahun 1996. Meski garis ideologis dan perjuangannya hampir sama dengan PDIP, dengan sikap politiknya tersebut, Agus Jabo enggan membuat partainya menjadi partai sayap bagi PDIP.

"Kita tidak akan menjadi partai sayap bagi PDIP, kita akan bangkit sendiri. Meski partai kecil, kita akan mencoba menggunakan cara berbeda dengan partai lain," pungkas Agus Jabo. (Ans/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.