Sukses

Pemberontak Pro-Rusia Kembali Serang Ukraina

Kelompok pemberontak Pro-Rusia dilaporkan melancarkan serangan kepada Militer Ukraina di Donbas.

Liputan6.com, Kiev - Kondisi di Ukraina kembali memanas. Kelompok pemberontak pro-Rusia dilaporkan melancarkan serangan terhadap militer Ukraina di Donbas.

Keterangan tersebut disampaikan Juru Bicara Militer Ukraina, Kolonel Andriy Lysenko. Ia menyatakan, militan dukungan Rusia menyerang posisi pasukan militer Ukraina dengan menggunakan tank 5 kali dan sebanyak 2 kali dengan menggunakan senjata artileri.

“Menurut laporan intelijen, militer Rusia memerintahkan rotasi pasukannya yang ditempatkan di wilayah selatan dari zona ATO sejak Desember 2014," sebut Kolonel Lysenko seperti dikutip dari keterangan pers Kedutaan Ukraina kepada Liputan6.com, Selasa (24/3/2015).

Dia menambahkan, Rusia juga menyebar para tentara bayarannya di wilayah itu. Bukan cuma tentara bayaran, mereka turut menyuplai perlengkapan militer dan amunisi ke tentara pemberontak.

Sementara itu, Kolonel Lysenko juga menyebutkan mengenai krisis sosial mendalam yang terjadi wilayah yang dikuasai militan. Para penduduk dari wilayah yang dikuasai di Donetsk kesulitan untuk menerima bantuan sosial dan gaji karena tidak adanya sistem perbankan yang berfungsi.

Hal ini ditegaskan Kolonel Lysenko patut dikecam. Karena, pada beberapa waktu lalu, pihak-pihak bertikai telah setuju melakukan gencatan senjata demi menciptakan kondisi kondusif di negeri pecahan Uni Soviet tersebut. (Ger/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.