Sukses

MUI: Waspada, Ada Komandan ISIS di Banten

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang, Amas Tajudin menduga ada jaringan ISIS di Banten yang cukup kuat.

Liputan6.com, Serang - Pemerintah Indonesia, termasuk Polri tengah berusaha keras membongkar dan menangkap sejumlah orang yang diduga anggota kelompok ISIS. Mereka diduga hendak pergi ke Timur Tengah dan juga dikhawatirkan akan memicu kekacauan di tanah air.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang, Amas Tajudin menduga ada jaringan ISIS di Banten yang cukup kuat. Dia meyakini seorang komandan kelompok radikal tersebut berada di daerah Seribu Santri Sejuta Kiai itu.

"Hal-hal penting yang perlu diwaspadai bersama, Komandan ISIS yang didaulat untuk Pulau Jawa berada di Banten, yakni Kota Serang," kata Amas di Serang, Senin (23/3/2015).

Menurut dia, ada cukup banyak warga Banten yang menjadi relawan ISIS dan berangkat ke Turki. Para anggota itu telah dibekali materi peperangan untuk melakukan pertempuran yang mereka yakni sebagai "jihad". Namun pemahaman ini jelas ditentang oleh ulama setempat.

"Dari sekian banyak yang berangkat itu. Ada yang terindentifikasi ada yang berasal dari Kota Serang, dan mereka sudah bergabung di sana," imbuh Amas.

Sebelumnya Densus 88 Antiteror menangkap lima terduga anggota ISIS, yang salah satunya berada di wilayah Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Kini kelimanya tengah menjalani pemeriksaan secara mendalam di Mabes Polri. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.