Sukses

Hujan Deras, Baleendah Bandung dan Jakarta Banjir Hingga 1 Meter

Sekitar 150 unit bangunan rumah warga pun terendam air hingga ketinggian 1 meter akibat luapan Sungai Citarum di Kabupaten Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur sepanjang malam membuat debit air Sungai Citarum masih tinggi. Akibatnya, banjir di kawasan Kampung Cieunteung, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung itu belum juga surut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (22/3/2015), sekitar 150 unit bangunan rumah warga pun terendam air hingga ketinggian 1 meter akibat luapan Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Jawa Barat tersebut.

Warga pun harus bersusah payah menerobos genangan air, bahkan naik perahu untuk beraktivitas sekaligus memenuhi kebutuhan rumah tangga. Mereka sangat berharap adanya bantuan terutama logistik dan makanan untuk didistribusikan ke korban banjir. Sebab setiap kali banjir, bantuan dari pemerintah dianggap belum maksimal.

Di Ibukota, kawasan langganan banjir Kampung Pulo, Jakarta Timur subuh tadi kembali terendam banjir akibat luapan Kali Ciliwung yang berhulu di Bogor, Jawa Barat. Banjir setinggi paha orang dewasa atau sekitar setengah meter lebih itu membuat warga hanya bisa berdiam diri di atas lantai 2 rumah mereka.

Diperkirakan jika hujan kembali turun, maka ketingggian air akan semakin bertambah. Hingga kini warga belum memilih untuk mengungsi.

Meski sempat surut, banjir kiriman kembali merendam di wilayah Petogogan, Jakarta Selatan. Sebagian warga kini memilih untuk tetap bertahan sambil membersihkan lumpur sisa banjir. Banjir di kawasan ini sudah terjadi selama 2 hari terakhir. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.