Sukses

Bogor Dilanda Hujan Deras, Ciliwung Siaga III

Kondisi cuaca di kawasan Puncak Bogor hingga saat ini masih diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang melanda wilayah Bogor, Jawa Barat sejak Sabtu siang tadi menyebabkan ketinggian air sungai Ciliwung meningkat.

Informasi dari mercu Bendungan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, tinggi muka air (TMA) sungai Ciliwung berada di posisi 70 centimeter atau Siaga III.

Kepala penjaga mercu Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, kenaikan debit sungai Ciliwung terjadi pada pukul 19.30 WIB.

"Terus mengalami kenaikan sejak setelah magrib, dari 50 naik ke 60 dan sampai pukul 22.00 WIB ini bertahan di 70 centimeter," ujar Andi saat dihubungi, Sabtu (21/3/2015).

Andi mengatakan, kondisi cuaca di kawasan Puncak Bogor hingga saat ini masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. "Cuaca di Puncak Hujan merata sampai saat ini," imbuh dia.

Andi menghimbau warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung agar tetap waspada. Karena ketinggian air bisa saja terus meningkat, jika hujan dengan intensitas lebat bertahan hingga 2 jam.

Sementara prakiraan Stasiun Klimatologi Dramaga, Bogor diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada akhir pekan ini.

Hujan yang terjadi secara merata di kawasan Puncak dan Bogor tidak mempengaruhi tinggi muka air Sungai Ciliwung.

"Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, akan terjadi sepanjang siang, sore hingga menjelang malam," ujar Kepala Stasiun Klimatologi, Dedi Sucahyono.

Dedi mengatakan, hujan merata akan terjadi di wilayah Dramaga, Puncak, Caringin, Cibinong, Kota Bogor, dan Depok. Hujan juga akan terjadi di wilayah Tangerang, Barat Jakarta, Bekasi dan sebagian Karawang, Jawa Barat. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini