Sukses

Nikmatnya Kuliner Pecinan Tangerang yang Menggugah Selera

Kawasan pecinan, Tangerang, Banten bisa menjadi salah satu tujuan untuk menikmati beragam kuliner yang nikmat.

Liputan6.com, Tangerang - Memasuki akhir pekan yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937, tak lengkap rasanya jika tidak menghabiskan waktu bersama keluarga sambil berwisata kuliner.

Dalam Jelajah Kuliner yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (21/3/2015), kawasan Pecinan, Tangerang, Banten bisa menjadi salah satu tujuan untuk menikmati beragam kuliner yang nikmat dan menggugah selera.

Menu pembuka dalam jelajah kuliner kali ini dimulai dengan es krim durian Mang Enthus yang terletak di Jalan Pasar Lama. Satu gelas es durian yang berada di pinggiran Sungai Cisadane ini dihargai Rp 8.000. Tapi bila ingin es durian Anda bertambah legit dan manis, Anda cukup membayar Rp 13 ribu untuk tambahan toping durian.

Kuliner peranakan Tionghoa  selanjutnya ada laksa khas Tangerang yang terletak di Jalan M Yamin LP Wanita No 3, Tangerang.  Ada laksa Bang Kumis, laksa Bang Brewok, dan laksa Bang Kumis-Brewok.

Untuk versi laksa Bang Kumis-Brewok, kuah laksanya memakai santan bukan susu. Untuk isian dari laksa ini ada telur, ayam, mi yang disiram dengan kuah kuning yang berisi irisan kentang ditambah taburan daun seledri. Untuk seporsi laksa telur ini, Anda cukup merogoh kocek Rp 20 ribu.

Bila Anda ingin merasakan menu laksa yang bumbu rempahnya lebih terasa, Anda bisa mencicipi versi laksa Bang Brewok. Dengan tambahan hati ayam, menu ini dihargai Rp 14 ribu saja.

Menutup jelajah kuliner peranakan Tionghoa kali ini ada asinan sayur dan buah Ci Lan Jin dekat Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama, Tangerang. Menurut sang pemilik (Ci Lan Jin), tokonya sudah berdiri sejak 1979, namun sebelumnya ia hanya berdagang buah-buahan.

Isi dari sayinan sayur Ci Lan Jin terdiri dari tauge, sawi asin, irisan wortel, bengkuang, tahu, ketimun, taburan kacang goreng yang dicambur bumbu kacang yang kental ditambah kerupuk kuning. Untuk 1 porsi asinan ini, sang pemilik mematok harga Rp 17 ribu.

Bagi Anda yang secepatnya mencicipi kuliner peranakan Tionghoa, segera datang saja ke  kawasan Pecinan Tangerang, Banten. Selamat mencoba! (Mar/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.