Sukses

Mensos Khofifah 'Naik Pelaminan' di Aceh

Khofifah dipersilakan duduk ke pelaminan yang berhiaskan kain berwarna merah, kuning, hijau dengan motif emas, setibanya adi Aceh Selatan.

Liputan6.com, Aceh - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, Kamis ini. Rombongan Kementerian Sosial (Kemensos) tiba di Bandara Teuku Cut Ali, Tapaktuan, Aceh Selatan sekitar jam 10.00 WIB, kemudian berangkat menuju Pendopo Kabupaten.

Sampai di Pendopo, Mensos Khofifah didampingi Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra dan istri disambut tari peumulia jamee -- salah satu tarian Aceh yang digunakan untuk menyambut tamu.


Khofifah kemudian dipersilakan duduk ke pelaminan yang berhiaskan kain berwarna merah, kuning, hijau dengan motif emas. Lalu menjalani upacara peusijuk atau tepung tawar, yang dipimpin langsung Bupati Sama Indra.

Peusijuk adalah salah satu adat Aceh untuk memberkati dan mendoakan orang yang akan dipeusijuk. Biasanya tradisi ini dilakukan saat perkawinan, khitanan, ketika akan berangkat haji, dan juga dalam penyambutan tamu agung.

Mensos kemudian melanjutkan acara Kenduri Maulid dan Santunan Anak Yatim di Taman Pala Indah, Tapaktuan, Aceh Selatan.

Dalam pidatonya, Bupati Sama Indra menyampaikan selamat datang kepada Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Ia juga menyatakan rasa bahagia mewakili masyarakat Aceh karena acaranya dihadiri seorang menteri.

"Sungguh berbahagia masyarakat Aceh saat ini, dalam rangka Maulid Nabi Muhammad dihadiri seorang menteri. Ibu-ibu di Aceh juga berbahagia karena dihadiri seorang menteri dari kaum hawa," ucap Teuku Sama, Kamis (19/3/2015)

Khofifah mengaku bahagia atas sambutan yang diberikan jajaran pemerintah dan seluruh masyarakat Aceh Selatan. "Terima kasih sambutan masyarakat Aceh, juga kepada ibu-ibu Aceh Selatan yang tangguh-tangguh."

Selain menghadiri kenduri maulid dan santunan anak yatim, Khofifah rencananya juga akan melantik pengurus Puspelkessos Kabupaten Aceh Selatan. Kemudian meninjau lokasi penerima manfaat PKH di Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan. (Tnt/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini