Sukses

Kebakaran di Mampang, 10 Rumah Hangus Terbakar

Kebakaran diduga karena pemilik rumah meninggalkan kompor saat memasak air di rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta - 10 Rumah atau sekitar 23 kepala keluarga (KK) di Gang Jati, RT 2 RW 1, Kelurahan Mampamg Prapatan, Jakarta Selatan harus pasrah menerima nasib. Rumah mereka hangus terbakar pada Senin petang sekitar pukul 17.20 WIB.

Api datang dari rumah salah satu warga yang menurut tetangga sekitar milik almarhum Haji Ramli Musa. Selang setengah jam, pemadam kebakaran tiba di lokasi. Jarak markas Pemadam Kebakaran sebenarnya tak jauh dari lokasi kebakaran, namun kemacetan lalu lintas menyebabkan mobil pemadam baru tiba di lokasi 30 menit kemudian.

Saat mobil pemadam datang, api sudah menjalar ke 10 rumah warga. Menurut Ketua RT setempat Edi Setiadi, dia segera menghubungi Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan saat istrinya histeris berteriak ada kebakaran.

"Istri saya yang lari-lari. Panik kan dia, ada api. Katanya kebakaran di rumah Nur Asyah," ujar Edi kepada Liputan6.com, saat menyambangi rumahnya yang berjarak sekitar 10 meter dari lokasi kebakaran.

Warga yang kehilangan tempat tinggal, akan dievakuasi ke rumah warga yang memiliki lahan cukup luas. "Ada rumah singgah sementara di rumah Haji Zainal. Kan tanahnya cukup luas tuh. Kita tampung dulu di situ," kata Edi.

Lurah Mampang Prapatan Ramli mengatakan, pihaknya sudah memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran, yakni 10 dus mi instan dan 500 kilogram beras.

"Pertolongan pertama kita pangan. Kita sudah tadi berikan ke perwakilan warga, yaitu Pak Edi untuk nantinya mendistribusikan bahan-bahan pokoknya. Yang baru kita kasih 10 dus mi, dan 50 karung beras yang kalau ditotal 500 kilo beras," ungkap Ramli.

Sedangkan berdasarkan informasi yang beredar dari warga setempat, kebakaran terjadi karena pemilik rumah meninggalkan kompor saat memasak air. (Rmn/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.