Sukses

19-3-2011: Supermoon yang 'Diramalkan' Picu Bencana Dahsyat

Sabtu 19 Maret 2011, Bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi. Yang paling rapat dalam kurun waktu 18 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Sabtu 19 Maret 2011, Bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi -- yang paling rapat dalam kurun waktu 18 tahun. Rembulan hanya terpisah jarak 221.567 mil atau 356.578 kilometer dari planet manusia.

Dalam bahasa astronomi, fenomena tersebut dijuluki purnama terbesar (lunar perigee). Namun, orang kebanyakan menyebutnya sebagai supermoon.

Bagi yang beruntung bisa menyaksikannya, malam itu, Bulan terlihat bulat, besar, dan terang. Di Indonesia puncak supermoon terjadi Minggu 20 Maret 2011 dini hari, tepatnya pada pukul 02.10 Waktu Indonesia Barat.

Pada Rabu 9 Maret 2011, seorang astrolog -- bukan astronom -- Richard Nolle meramalkan supermoon ‘ekstrem’ yang akan terjadi pada 10 hari kemudian, bakal memicu malapetaka.

Salah satunya yang dipakai jadi dasar teori ini adalah fakta bahwa Tsunami Aceh 2004 yang merenggut lebih dari 200 ribu nyawa terjadi dua minggu sebelum supermoon 2005.

Entah kebetulan atau bukan, gempa 7 SR yang mengguncang Haiti pada 12 Januari 2010, yang bertanggung jawab atas kematian lebih dari 200 ribu jiwa, terjadi tak lama sebelum supermoon 30 Januari 2010. (Baca juga: Menguak Mitos Supermoon ‘Pemicu’ Malapetaka)

Dua hari kemudian, pada 11 Maret 2011, tanah di Jepang berguncang hebat. Lindu dengan kekuatan 9 skala Richter memorakporandakan kawasan utara Negeri Sakura, memicu tsunami yang menyapu seluruh kawasan pesisir pantai Pasifik di wilayah Tohoku.



Namun, teori itu dibantah Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA. Ilmuwan Goddard Space Flight Center NASA, Jim Garvin menjelaskan, supermoon terjadi saat Bulan berada dalam jarak yang sedikit lebih dekat dengan Bumi. Efek tersebut paling terlihat saat terjadi bulan purnama.

"Bulan akan terlihat lebih besar, meski perbedaan jarak  dari Bumi hanya beberapa persen di banding biasanya," kata dia seperti dimuat situs Space.com.

Kata dia, efek Bulan terhadap Bumi telah lama menjadi subyek studi. "Efek supermoon terhadap Bumi kecil. Dan menurut studi detil para seismolog dan vulkanolog, kombinasi antara supermoon dan bulan purnama tidak memengaruhi energi internal keseimbangan di Bumi."

Meski bulan berkaitan dengan  kondisi pasang surut Bumi, itu tidak mampu memicu gempa besar dan mematikan.

Kekuatan sebenarnya justru berada di Bumi. "Bumi menyimpan energi di balik lapisan luar atau keraknya. Perbedaan daya pasang surut yang diakibatkan bulan (juga matahari) tidak cukup mendasari munculnya kekuatan besar dari dalam bumi."

Hal senada diungkap Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin. “Dengan ramalan bencana sesungguhnya tidak kaitannya. Memang pada saat purnama, beberapa potensi bencana ada, tapi tidak selalu. Kecuali ada hal lain yang memperkuat,” kata dia saat diwawancara Liputan6.com.

Supermoon bukan berarti bencana. Pun dengan kejadian Tsunami Aceh 2004, yang terjadi terjadi 2 pekan sebelum supermoon 10 Januari 2005. “Kalau 2 minggu sebelumnya, posisi bulan bukan supermoon. Tapi hanya purnama biasa,” jelas dia.

Pun dengan pakar gempa dari Puslit Geoteknologi LIPI, Danny Hilman Natawidjaja. Tak ada bukti ilmiah keterkaitan supermoon dengan bencana khususnya gempa dan tsunami. “Tak ada dasar ilmiah yang jelas, selain hanya gravitasi bulan yang sedikit lebih besar dari biasanya.”

Menurut Danny, harus dianalisa secara statistik hubungan bencana dan supermoon. “Jangan-jangan hanya kebetulan saja atau randomness,” tambah dia.

Selain terjadinya supermoon, sejumlah peristiwa penting dalam sejarah terjadi pada tanggal 19 Maret. Pada tahun 1787,  galaksi NGC 3432 ditemukan oleh William Herschel.

Sementara, pada 19 Maret 1945, 800 orang tewas ketika pesawat Jepang menyerang kapal pengangkut pesawat, USS Franklin, di perairan Negeri Sakura. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini