Sukses

Gempa 6,2 SR Guncang Halmahera Barat, Tak Ada Potensi Tsunami

Warga Halmahera Barat dikejutkan gempa 6,2 SR pada pagi tadi. Gempa dengan kedalaman 10 km di dasar laut terjadi pada pukul 05.12 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Halmahera Barat dikejutkan gempa 6,2 SR pada pagi tadi. Gempa dengan kedalaman 10 km di dasar laut terjadi pada pukul 05.12 WIB. Pusat gempa berada 115 km Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara.

"Gempa tidak memicu potensi tsunami. Gempa dirasakan kuat di Halmahera Barat selama 5 detik. Masyarakat di Kota Ternate juga merasakan guncangan cukup kuat selama 3-5 detik," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (18/3/2015).

Selain itu, di Kota Manado masyarakat juga merasakan gempa. Tidak ada kepanikan karena masyarakat sudah sering mengalami gempa. Sebagian hanya merespons dengan keluar dari rumah.

"Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. Aktivitas masyarakat berjalan dengan normal," ujar Sutopo.

Wilayah ini adalah zona rawan tinggi gempa. Gempa yang terjadi akibat subduksi ganda dari lempeng laut Filipina di timur dan Erusasia di barat pada lempeng Laut Maluku.

"Adanya subduksi ganda tersebut melahirkan kompresi barat timur dengan laju 4 cm per tahun. Gempa 7,3 SR pernah terjadi di wilayah ini pada 15-11-2014 yang memicu dikeluarkannya peringatan dini tsunami," tandas Sutopo. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Halmahera Barat

Video Terkini