Sukses

Dinas Pertamanan DKI Anggarkan Rp 135 Miliar untuk Beli Pohon

Menurut Ahok banyak anggaran serupa untuk pengadaan barang yang jumlahnya tak logis.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI menganggarkan pengelolaan dan pengadaan pohon sebesar Rp 135.188.040.658 dalam APBD 2014. Sedangkan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta mendapatkan total anggaran Rp 2,44 triliun.

Angka tersebut tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 yang dilaporkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu. Sementara, draf Rancangan APBD 2015 hanya sebagai data pelengkap.

Basuki alias Ahok pun mengakui itu. Bahkan menurut dia banyak anggaran serupa untuk pengadaan barang yang jumlahnya tak logis. "Banyak yang begitu. Aku nggak tahu (pohonnya ditanam atau tidak). Makanya mesti diaudit, kalau ada oknum inspektorat main juga," kata Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Berikut data pengadaan pohon di Dinas Pertamanan dalam APBD DKI 2014 lalu:

1. Pengadaan Pohon Trembesi yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 5 miliar.

2. Pengadaan Pohon Spathodea yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 5 miliar.

3. Pengadaan pohon Kamboja Bali yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 5 miliar.

4. Pengadaan pohon Sikas Botol yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 5 miliar.

5. Pengadaan pohon Glondogan yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 5 miliar.

6. Pengadaan pohon Yang Liu‎ yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 5 miliar.

7. Pengadaan pohon Baobab yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 5 miliar.

8. Pengadaan pohon Biola Cantik yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 5 miliar.

9. Pengadaan pohon Palem Whasington yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 3 miliar.

10. Pengadaan ‎pohon Palem Merah yang dianggarkan dalam program milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta dengan nilai Rp 3 miliar. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini