Sukses

Ahok: Gubernur yang Balikin Uang Operasional Cuma Gue

Ahok mengaku akan mengembalikan ke kas daerah jika ada sisa dana.

Liputan6.com, Jakarta - Ahok mengakui, jumlah tunjangan operasionalnya sebagai Gubernur DKI Jakarta memang besar. Namun, bukan berarti seluruh tunjangan tersebut digunakannya hingga habis.

Dia mengaku akan mengembalikan ke kas daerah jika ada sisa dana. Seperti sisa tunjangan operasional gubernur sebesar Rp 4,8 miliar yang dikembalikannya akhir 2014 lalu.

"Kalau saya nggak bisa pakai habis, saya balikin. Nggak ada sejarah di republik ini, gubernur balikin uang operasional. Cuma gue," ucap Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Sebenarnya, kata dia, dana operasional itu bisa dipegang secara tunai. Namun Ahok mengaku menaruh tunjangan operasionalnya itu di bank. Sehingga setiap ada penarikan atau transfer, ada bukti penggunaannya.

"Uang operasional yang boleh saya pegang kontan miliaran, saya masukkan ke bank. Setiap keluar bisa dihitung," ujar Ahok.

Dia menjelaskan, besaran tunjangan operasional diatur dalam undang-undang. Bila Pendapatan Asli Daerah (PAD) di atas Rp 500 miliar, tunjangan operasional kepala daerah senilai 1 persen dari jumlah tersebut.

Namun, DKI berbeda karena PAD-nya mencapai triliunan rupiah per tahun. Untuk menghindari jumlah yang terlalu besar, tunjangan operasional Gubernur DKI Jakarta hanya 0,15 persen.

Itu pun dinilai terlalu besar sampai Ahok bingung menggunakannya. Karena itu, dari uang operasional tersebut Ahok membagi 0,12 persennya kepada walikota dan sekda sebagai dana kegiatan operasional.

"Pakai 0,1 itu pun masih lebih. Jadi 0,12 persen saya mau kasih uang operasional kepada walikota dan sekda. Supaya ke kawinan, undangan, ada uang. Nah semua saya pertanggungjawabkan, nggak bisa pakai, saya balikin," jelas Ahok.

Ahok mengunggah bukti pengembalian tunjangan operasional jabatannya di website resminya, Ahok.org, pada 10 Maret 2015. Di sana tertera 1 lembar rincian penerimaan dan penggunaan anggaran yang merupakan bukti tanda terima pengembalian dana ke kas daerah.

Pada lembar pengembalian dana operasional gubernur, disebutkan 'Apabila tidak ada pengeluaran lain yang dibutuhkan, maka saldo anggaran penunjang operasional gubernur dan wakil gubernur 2014 sebesar Rp 4,8 miliar akan dikembalikan ke kas daerah'.

"Setor ke kas daerah," tulis Ahok di lembar tersebut tertanggal 31 Desember 2014.

Sisa dana itu adalah tunjangan untuk Jokowi yang pada tahun lalu masih menjabat sebagai Gubernur. Namun karena Jokowi cuti untuk kampanye Pilpres 2014, dana operasional tersebut tak digunakannya selama 4 bulan, yakni April, Mei, Agustus, dan September 2014 dengan total Rp 6,8 miliar.

Dana operasional itu kemudian dialihkan kepada Ahok yang saat itu menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Ahok pun menggunakannya sebesar Rp 2 miliar. Dengan rincian, Rp 500 juta untuk bantuan gereja, Rp 250 juta untuk bantuan rumah kaca, Rp 220 juta untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, Rp 500 juta untuk cadangan kebutuhan lain, Rp 230 juta untuk tambahan kebutuhan lain.

Pada Desember 2014 dana cadangan itu disetor ke Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sedangkan dana tambahan saat ini ada di bendahara. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini