Sukses

Ini Penyebab Ledakan di Lab Kimia Kampus UI

12 Mahasiswa mengalami luka ringan dan 2 mendapat luka serius ketika terjadi ledakan di laboratorium kima Fakultas Farmasi UI.

Liputan6.com, Depok - Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) angkatan 2013 mengalami musibah kecelakaan kerja di laboratorium kampus mereka di Depok, Jawa Barat. 12 Mahasiswa mengalami luka ringan dan 2 mendapat luka serius ketika terjadi ledakan di laboratorium kima Fakultas Farmasi UI.

Pihak Kampus UI pun menjelaskan urutan kronologi kecelakaan tersebut sesuai dengan laporan dari Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan FFUI.

Sebelum praktikum dimulai, persiapan dan briefing dipandu laboran dan teknisi digelar pagi tadi pukul 08.00-09.00 WIB. Selanjutnya pada pukul 09.00-09.30 WIB dilakukan pemasangan alat destilasi oleh mahasiswa yang dibantu oleh laboran. Pada pukul 09.30-10.00 WIB praktikum dimulai.

"(Namun) Pukul 10.30 WIB terjadilah peristiwa labu destilasi meledak, sejumlah mahasiswa terkena serpihan labu destilasi, belasan mahasiswa langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat yakni RS Graha Permata Ibu dan RS Bunda, Jalan Margonda Raya," ungkap Humas Fakultas Farmasi UI, Devfanny Aprilia Artha dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (16/3/2015) malam.

Ia memaparkan, praktikum perkuliahan itu terbagi menjadi 10 kelompok, di mana setiap kelompok terdiri dari 6-8 mahasiswa.

"Setiap mahasiswa diminta untuk melakukan destilasi terhadap bahan yang berbeda-beda. Alat labu destilasi yang berisi campuran asam, fenol, dan alkohol 95 persen, dididihkan di atas kasa asbes dengan menggunakan pemanas bunsen atau lampu spiritus. Setelah mendidih mahasiswa diinstruksikan untuk menampung destilat sebanyak 20 tetes atau sekitar 1 mililiter," urai Devfanny.

Diperkirakan, lanjut Devfanny, jumlah destilat yang ditampung sudah mencukupi 1 ml tetapi mahasiswa kelompok ini atau regu dimana labu destilasi meledak, masih terus melakukan destilasi dan pemanasan sampai larutan sampel dalam labu destilasi hampir kering.

"Akibatnya terjadi ledakan dari labu destilasi karena suhu dan tekanan yang terlalu tinggi. Pecahan kaca dari labu destilasi yang meledak melukai dan mencederai mahasiswa yang ada di sekitarnya. Dipastikan kejadian kecelakaan disebabkan oleh human error," ujar Devfanny.

Berikut nama-nama mahasiswa yang menjadi korban kecelakaan ledakan di laboratorium kimia Fakultas Farmasi UI:

Korban luka ringan:

1. Dawami Arijan (dilarikan ke R.S. Bunda Margonda dan sudah diizinkan pulang)
2. Apriantika Sari (dilarikan ke R.S. Bunda Margonda dan sudah diizinkan pulang)
3. Chareza Lutfi Ramadhan (dilarikan ke R.S. Bunda Margonda dan sudah diizinkan pulang)
4. Della Syariyana (dilarikan ke R.S. Graha Permata Ibu sudah diperbolehkan pulang)
5. Chavella Avatara (dilarikan ke R.S. Graha Permata Ibu sudah diperbolehkan pulang)
6. Aulika Desthahrina Nareswara (mengalami luka ringan, dibawa ke PKM)
7. AA Sagung W Kumala Dewi (mengalami luka ringan, dibawa ke PKM)
8. Adam Arditya Fajriawan (mengalami luka ringan, dibawa ke PKM)
9. Agung Kristiyanto (mengalami luka ringan, dibawa ke PKM)
10. Arini Andriani (mengalami luka ringan, dibawa ke PKM)
11. Andini Gahayati B.R (mengalami luka ringan, dibawa ke PKM)
12. Adhnina Fithra Azzahra (mengalami luka ringan, dibawa ke PKM)

Sementara 2 mahasiswa mengalami luka serius. "Luka berat 2 orang mahasiswa bernama Delbika Y Chumala dan Citra Sari Purbandini dirawat di RS Bunda, Jalan Margonda, Depok. Sementara korban luka ringan 12 orang. Saat ini sejumlah korban ledakan di laboratorium kimia Kampus UI tersebut masih dalam penanganan tim medis," pungkas Devfanny. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini