Sukses

Pasca-Tabrakan, Pesawat Jupiter TNI 'Balik Kanan' dari Malaysia

TNI AU menarik tim Pesawat aerobatic Jupiter dari ajang pameran dirgantara di Malaysia.

Liputan6.com, Medan -Pesawat Aerobatik Jupiter miik TNI AU 'balik kanan' dari Malaysia menuju pangkalannya di Tanah Air. Pesawat jenis KT-I B Wong Bee itu mendarat di landasan Soewondo, Medan, Sumatera Utara.

Menurut Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Surya Chandra Siahaan, pesawat itu tak lama berada di Medan. Usai mengisi bahan bakar, pesawat akan kembali melanjutkan perjalanan.

"Setelah mengisi bahan bakar, mereka langsung kembali melanjutkan perjalanan," kata Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Surya Chandra Siahaan di Medan, Senin (16/3/2015).

Seluruh pilot tetap menerbangkan 6 pesawat jenis KT-I B Wong Bee. "Yang masih berada di Malaysia hanya pilot yang terlibat kecelakaan. Mereka kan masih butuh perawatan," ucap dia.

TNI AU sebelumnya telah mengirimkan 8 pesawat KT-1 B Woong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Tim (JAT) untuk mengikuti International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2015, Langkawi, Malaysia. Namun nahas, 2 dari 8 pesawat itu mengalami kecelakaan saat gladi bersih di arena pameran pada Minggu 15 Maret 2015.

Kadispen TNI Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto menyatakan 4 pilot pesawat tersebut selamat setelah melakukan prosedur darurat dengan baik. Mereka kini dirawat di Rumah Sakit Langkawi, Malaysia.

Atas insiden kecelakaan pesawat Jupiter ini, kata dia, TNI AU akan mengevaluasi dan mengirim tim ke Malaysia untuk menyelidiki kejadian tersebut. "Kita tunda dulu (ikut pameran dirgantara)," tukas Hadi Tjahjanto. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.