Sukses

Detik-detik Tabrakan 2 Pesawat Jupiter TNI AU di Malaysia

Insiden tabrakan 2 pesawat Jupiter itu ternyata diabadikan seorang videografer amatir yang kemudian mengunggah ke situs YouTube

Liputan6.com, Langkawi - 2 Dari 6 pesawat Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara bertabrakan di langit Langkawi, Malaysia, siang tadi sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Kendati demikian, tak ada korban dalam insiden saat gladi bersih ajang dirgantara Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2015, Malaysia.

Insiden itu ternyata diabadikan seorang videografer amatir yang kemudian mengunggah ke situs YouTube dengan akun JomTopi TV. Video ini dimuat di situs jejaring sosial berbagi video tersebut pada Minggu (15/3/2015). Hingga pukul 17.50 WIB, video bertajuk 'Pesawat Jupiter Indonesia Berlanggar di LIMA 2015' itu telah dilihat 495 pengunjung.

Dalam video berdurasi 1 menit 49 detik itu, manuver awal keenam pesawat jenis KT-1B Woong Bee itu tak mempunyai kendala. Tim Jupiter bahkan sempat membuat formasi. Selanjutnya, dua pesawat berbadan merah campur putih itu datang dari arah berlawanan.

Nah, saat itulah terjadi tabrakan. 2 Pesawat kemudian mengeluarkan kepulan asap hitam dan menukik ke area perkebunan di dekat Bandara Internasional Langkawi. Dalam video itu terlihat, bola api yang jatuh dari udara setelah 2 pesawat saling bersinggungan.

2 Pilot dan 2 kopilot pesawat Jupiter selamat, namun menderita cedera yang bervariasi. Mereka menyelamatkan diri dengan kursi pelontar saat kecelakaan terjadi. Saat ini mereka telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Menurut Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto, kecelakaan itu terjadi saat pesawat tengah melakukan gladi bersih untuk persiapan pembukaan pameran dirgantara.

"Ada 6 pesawat yang melakukan gladi bersih. 2 Pesawat bersenggolan," ujar Hadi saat dihubungi Liputan6.com, Minggu 15 Maret 2015.

Juru bicara Departemen Kebakaran dan Penyelamatan Langkawi menuturkan, kecelakaan itu terjadi pada pukul 14.04 waktu setempat. Saat itu, 6 pesawat aerobatic KT-1B TNI AU tengah mengudara di atas lokasi ajang pameran. Namun nahas, 2 pesawat Jupiter terlihat tabrakan di luar area bandara.

Ajang LIMA 2015 adalah pameran dirgantara dan kelautan yang diselenggarakan di Malaysia. Dalam ajang ini, berbagai industri penerbangan dan kelautan, unjuk gigi atas produk-produk mereka. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini