Sukses

200 Pesawat Aeromodelling Pecahkan Rekor Muri

JAS ke-10 ini adalah penyelenggaraan lomba dirgantara terbesar yang ada di Indonesia

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 200 pesawat akan pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) di Pantai Selatan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. 200 pesawat aeromodeling ini akan terbang bersamaan dalam puncak acara Jogja Air Show (JAS) 2015.

Ridho, salah satu panitia mengatakan, JAS ke-10 ini adalah penyelenggaraan lomba dirgantara terbesar yang ada di Indonesia. 7 Cabang olahraga yang dilombakan sejak Jumat 13 Maret 2015.

Sementara pada hari ini, acara dimulai pukul 07.00 hingg 16.00 WIB di Pantai Depok, Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Pantai Depok ada akan ada lomba Gantole, Terjun Payung, Aeromodelling dan way/trike. Sementara di Pantai Parangtritis digelar kejuaraan Paralayang dan di Pantai Parangkusumo ada kejuaraan Paramotor.

"Aeromodelling akan menerbangkan 200 pesawat mulai dari kecil sampai besar akan sama sama terbang. Pemecahan rekornya itu," ujar Ridho di Yogyakarta, Minggu (15/3/2015).

Ridho mengatakan, ada berbagai acara di hari ini mulai dari flypass way/trike, lomba foto dirgantara, demo akrolight, penerbangan dragon banner, flypass paramotor, pembuatan rekor Muri RC Aeromodelling grob aerobatic, tarian upacara seremoni terbang layang, pitts aerobatic, aeromodelling, gantole aerobatic, paramotor aerobatic, terjun payung, joy flight flyapass dan paramotor.

Acara ini diharapkan dapat menarik minta wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Sebab, tidak hanya lomba, pengunjung dapat melihat atraksi udara dari para pilot yang ikut dalam JAS 2015. Pengunjung juga akan melihat akrobatik pesawat Jupiter di udara.

"Ini akan jadi tontonan udara yang menarik bagi wisata. Apalagi hari minggu ini di Parangtritis pemecahan rekor MURI," ujar dia.

Selain acara pemecahan rekor dalam JAS 2015 ini juga ada Joy Flight yang dibatasi dengan 30 orang. Pengunjung dapat mendaftarkan diri untuk bisa menikmati terbang di langit Parangtritis dalam Joy Flight ini.

"30 Joy Flight bagi yang bangga dengan ketinggian. Paralayang karena terbangnya tandem maksimal berat pengunjung 70 kg. Kalo way/trike 100 kg beratnya," ujarnya.

Berikutnya: Parangtritis Macet

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parangtritis Macet

Parangtritis Macet

Adanya Acara Jogja Air Show membuat wisatawan lokal dan luar daerah berdatangan ke Pantai Parangtritis.

Menurut Heri Maryanto, koordinator TPR Pantai Parangtritis, jumlah pengunjung untuk hari ini hingga siang tadi mencapai 5.000 pengunjung. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan retribusi yang memang jauh lebih banyak dari biasanya.

"Untuk hari ini, prediksi kami pengunjung sudah sekitar 5.000 an mas, itu yang bisa kami pantau dari retribusi. Kalau untuk hari biasa pas tidak ada Jogja Air Show hanya berkisar di bawah 1000 pengunjung," ujar Heri. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.