Sukses

Sambut Nyepi, Umat Hindu Banten Ambil Air Suci di Samudera Hindia

2 Ribu umat Hindu Banten tumpah ruah di Pantai Salira yang lokasinya tak jauh dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya ini.

Liputan6.com, Cilegon - Ribuan umat Hindu Banten melaksanakan upacara Melasti atau penyucian diri di Pantai Salira, Kota Cilegon. Upacara ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan diri menjelang perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937.

"Upacara Melasti itu penyucian peralatan upacara dan penyucian diri," kata ketua panitia, Ida Bagus Made Ariadi saat ditemui di lokasi acara, Cilegon, Banten, Minggu (15/3/2015).

2 Ribu umat Hindu Banten tumpah ruah di Pantai Salira yang lokasinya tak jauh dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya ini.

Setidaknya, terdapat 7 kelompok di seluruh Banten yang mengikuti upacara melasti ini. Mereka, yaitu Banjar ciledug, Banjar Tangerang, Banjar Serang, Banjar Tangsel, Banjar Rempoa, Banjar Tigaraksa, dan Banjar Sidha Karya.

Tak hanya menyucikan diri, umat Hindu Banten juga mengambil air suci ke tengah Samudera Hindia menggunakan perahu yang telah disiapkan.

"Pengambilan tirta (air suci) ke tengah laut dan bersamaan dilakukan upacara sedekah laut atau mulang pakelem. Memohon kepada Tuhan yang Maha Esa, agar senantiasa memberikan keselamatan dan kerukunan, keserasian antar-alam semesta dengan mahluk hidup di dunia," tutur dia.

Untuk memeriahkan acara ini pun dilakukan bakti sosial dan pengobatan gratis yang berlokasi di Pura Dharma Sidhi, Ciledug, Kota Tangerang, Banten. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.