Sukses

Asap Selimuti Kota Sekitar Hutan Terbakar Chile, Warga 'Kabur'

"Sedikitnya 4.500 orang telah diungsikan dan 10.000 orang lainnya siap dipindahkan dalam waktu dekat."

Liputan6.com, Chile - Pemerintah Chile mengumumkan keadaan darurat negara saat kebakaran api melanda hutan dekat Kota Valparaiso. Akibatnya, ribuan orang 'kabur'. Mereka terpaksa diungsikan karena asap menyelimuti permukiman di dekatnya.

"Sedikitnya 4.500 orang telah diungsikan dan 10.000 orang lainnya siap dipindahkan dalam waktu dekat," demikian diungkapkan Kementerian Dalam Negeri Chile seperti dikutip dari BBC, Sabtu (14/3/2015).

Api mulai membakar dekat lokasi penimbunan sampah ilegal di Valpariso pada Jumat 13 Maret sore waktu setempat. Namun, karena angin kencang, kobaran api meluas ke hutan.

Badan Penanganan Darurat Chile memperkirakan lahan seluas sekitar 300 hektare telah terimbas kebakaran.

Agar kebakaran tidak meluas, regu-regu pemadam kebakaran telah dikerahkan di sekitar Kota Valparaiso dan Kota Vina del Mar.

Sejauh ini, 3 petugas pemadam dilaporkan mengalami cedera. Sementara seorang perempuan berusia 67 tahun meninggal dunia akibat infeksi saluran pernapasan.

Daerah sekitar Kota Valparaiso pernah mengalami kebakaran pada April 2014 lalu. Kala itu, insiden tersebut menewaskan 15 orang, mencederai lebih dari 500 orang, dan merusak sedikitnya 3.000 rumah.

Komunitas warga miskin ialah yang paling parah terkena bencana itu karena rumah mereka terbuat dari kardus dan kayu. Bahkan, beberapa orang ditemukan meninggal di dalam rumah-rumah itu. (Tnt/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.