Sukses

Ini yang Harus Dilakukan Karyawan Bila Gedung Kantor Terbakar

Hal pertama yang dilakukan saat alarm kebakaran berbunyi, seluruh karyawan tidak boleh panik.

Liputan6.com, Jakarta - Ancaman kebakaran mengintai Ibukota. Tak hanya di pemukiman padat penduduk, tapi juga di gedung bertingkat. Simulasi penyelamatan kebakaran pun rutin dilakukan setiap bulan agar masyarakat tak panik saat kebakaran dan meminimalkan risiko korban jiwa.
 
Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (14/3/2015), kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di gedung bertingkat pun makin ditingkatkan. Simulasi penyelamatan kebakaran juga rutin dilakukan. Seperti yang dilakukan di Gedung SCTV, Senayan City, Jakarta Pusat.

Hal pertama yang dilakukan saat alarm kebakaran berbunyi, seluruh karyawan tidak boleh panik. Mereka yang berada di lantai atas harus turun dengan menggunakan tangga darurat.
 
Petugas tim evakuasi dari gedung kemudian memastikan tidak ada lagi karyawan yang berada di lantai gedung. Setelah dipastikan aman maka seluruh penghuni gedung berkumpul di halaman kantor.

Sebelumnya kebakaran baru-baru ini terjadi di Gedung Wisma Kosgoro, yang terletak di kawasan perkantoran Thamrin, Jakarta Pusat. Gedung itu terbakar pada Senin petang 9 Maret 2015.

Api berasal dari lantai 16 bangunan yang berdiri sejak 1970 ini. Pada Selasa dini hari pukul 00.30, api dinyatakan padam dan sekitar 30 unit mobil Damkar sudah ditarik kembali pangkalan. Namun, api kembali muncul pukul 06.00 WIB, 5 lantai teratas Wisma Kosgoro tak dapat diselamatkan dari amukan api. (Dan/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.