Sukses

Indonesia Beri Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

Bagi Ukraina, bantuan ini merupakan bukti dari persahabatan erat yang dijalin dua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Jarak jauh antara Indonesia dan Ukraina tidak menjadi halangan bagi masyarakat tanah air untuk menunjukkan kepeduliannya kepada warga di negara yang tengah didera konflik ini.

Kepedulian itu ditunjukkan dengan pengiriman bantuan kemanusian kepada Ukraina. Bantuan dari Indonesia itu berupa obat-obatan.

"Sebuah kiriman obat-obatan telah disumbangkan oleh dua perusahaan Indonesia Sanbe Farma dan Nouvell Pharnaceutical Laboratories," sebut keterangan pers Kedutaan Ukraina di Jakarta, Selasa (10/3/2015).

"Perusahaan pesawat Ukraina, Ukraine Air Alliance melaksanakan pengiriman ini secara cuma-cuma," sambung keterangan pers ini.

Kedutaan Ukraina meyambut baik bantuan dari Indonesia. Bagi mereka, bantuan ini merupakan bukti dari persahabatan erat yang dijalin dua negara.

Tak hanya itu, pihak Ukraina pun mengakui peran Indonesia dalam penyelesaian konflik di negaranya. Indonesia dianggap sebagai negara yang selalu mendukung Ukraina.

"Dalam menghadapi agresi militer eksternal 2014 di Ukraina Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang menyuarakan dukungan bagi kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina," jelas keteranan pers tersebut.

Hubungan baik Indonesia dan Ukraina terjalin dalam waktu lama. Pada 1946, delegasi Ukraina mendengar permohonan kemerdekaan Ukraina dan membawa hal itu di depan sidang umum PBB.

Selain itu, kala ada diterjang bencana, Indonesia menjadi salah satu negara asing yang mengulurkan bantuannya. Pada 2006, Ukraina juga memberikan bantuan kemanusian pada beberapa bencana besar terjadi di tahun itu. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini