Sukses

Wagub Djarot Ngebor Jalan Layang Tendean-Ciledug

Pembangunan yang memakan APBD senilai Rp 2,5 triliun secara multiyears ini akan dibagi menjadi 8 paket.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melakukan pengeboran pertama (ground breaking) pembangunan jalan layang Tendean-Ciledug. Jalan sepanjang 9,3 km ini akan digunakan untuk jalur bus Transjakarta koridor 13.

"Dengan mengucap bismillahirohmanirrohim, hari ini Selasa 10 Maret 2015, pembangunan jalan layang Tendean-Ciledug secara resmi dimulai," ujar Djarot sambil menekan tombol sirene, Selasa (10/3/2015).

Djarot menilai, pembangunan ini sangat penting bagi transportasi di Jakarta ke depan. Mengingat, kebutuhan transportasi massal di Jakarta sudah sangat mendesak.

"Ini adalah jalan layang terpanjang yang pernah dibangun di Jakarta sejauh ini. Sejarah ini akan dinikmati warga DKI untuk 5 tahun 10 tahun, insya Allah sepanjang massa," jelas dia.

Pembangunan yang memakan APBD senilai Rp 2,5 triliun secara multiyears ini akan dibagi menjadi 8 paket. Masing-masing paket dikerjakan oleh 8 kontraktor berbeda.

Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal mengatakan, jalan layang akan digunakan sebagai jalur bus Transjakarta koridor 13. Pembangunan ini juga akan menjadi awal dari penyelesaian 15 koridor bus Transjakarta.

"Kami sampaikan kita tidak bisa lagi kita membangun yang ada di jalan. Kita upayakan jalan layang khusus busway," jelas dia.

Pembangunan ini diperkirakan memakan waktu pembangunan 2 tahun dan akan selesai pada Desember 2016. Tapi Yusmada yakin, pengerjaan lebih cepat dan dioperasikan sejak Agustus 2015.

"Ini mungkin bisa dipercepat siapa tahu Agustus bisa beroperasi bersamaan dengan hari kemerdekaan Indonesia," harap Yusmada. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.