Sukses

Kereta Bandara Soetta Beroperasi Mulai April 2016

Rencana pengadaan jalur kereta commuter line menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, bakal segera terealisasi.

Liputan6.com, Tangerang - Rencana pengadaan jalur kereta commuter line menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, bakal segera terealisasi. Kereta Bandara Soetta diprediksi bakal selesai pada April 2016.

"Sekarang sudah proses penyelesaian pembebasan lahan. April 2016 ditargetkan sudah selesai semuanya," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi di lokasi, Banten, Senin (9/3/2015).

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang, Said Endra Wiyanto mengatakan, pembangunan jalur kereta api Batu Ceper-Bandara Soetta oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan dimulai pada Juni 2015.

"Intinya, tahun ini sudah akan dimulai pembangunan dan bukan sekedar wacana lagi," ujar Said.

Pembangunan jalur rel kereta api sepanjang 6 km, dari Stasiun Batu Ceper hingga Bandara Seokarno-Hatta telah dimulai sejak November 2014. Kini, pembangunan telah berjalan dan dalam proses pondasi tiang pancang dan kabel bawah tanah.

Rel kereta api bandara merupakan rangkaian pembangunan Stasiun Kereta Api Manggarai, Jakarta Selatan sepanjang 30 kilometer. Pembangunannya dilakukan di atas lahan 7.200 meter persegi pada Juni 2015 yang diprediksi selesai hingga akhir tahun. Dan pada 2016 mulai dioperasikan. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.