Sukses

Alasan Polri Promosikan Perwira Polisi yang Pimpin Penangkapan BW

Kombes Viktor diketahui memimpin penangkapan Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjojanto pada 23 Januari 2015 di Depok,

Liputan6.com, Jakarta Polri merotasi sejumlah perwira menengah dan perwira tingginya. Salah satu jabatan yang dirotasi yaitu Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus dari Brigjen Pol Kamil Razak ke Kombes Pol Victor Edi Simanjuntak. Sebelumnya Kombes Viktor menjabat Kabagkermadiklat Robindiklat Lemdikpol Polri.

Upacara serah terima jabatan dilakukan di gedung Bareskrim Polri pada Senin 9 Maret 2015 pagi tadi. Sertijab tersebut hanya dihadiri kalangan internal Bareskrim Polri. Kombes Viktor diketahui memimpin penangkapan Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjojanto pada 23 Januari 2015 di Depok, Jawa Barat.

Sementara, Penangkapan BW yang melibatkan Kombes Viktor dinilai kurang tepat dan beraroma balas dendam oleh penggiat antikorupsi. Sebab saat itu Viktor adalah pejabat di lemdikpol, bukan penyidik di Bareskrim Polri.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Ronny F Sompie membantah dipilihnya Victor sebagai Dirtipideksus Polri karena telah sukses menjalankan tugasnya menangkap Bambang Widjojanto. Menurutnya, pemilihan Victor sebagai Dirtipideksus telah melalui prosedur dan pertimbangan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri.

"Saya kira Tim Wanjakti yang bisa menilai itu. Karena beliau sudah cukup lama di Lemdikpol," kata Ronny di Mabes Polri, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Ia pun mengaku heran jika ada pihak yang mempermasalahkan Victor menduduki jabatan barunya di Bareskrim Polri. Padahal prosedur rotasi jabatan di tubuh Polri termasuk di jajaran Bareskrim telah melalui putusan Wanjakti yang dipimpin Wakapolri, Irwasum Polri, Asisten Wakapolri, Kadiv Propam Polri, Karopaminal, Wakadivpropam Polri, dan SDM Polri.

"Orang yang tidak paham dan berada di luar pasti akan berpikir negatif. Tapi itu kan yang memimpin Wanjak Bapak Wakapolri. Pesertanya tidak ada orang dari Lemdikpol," tambah Ronny.

Dalam setiap promosi jabatan di tubuh Polri, sambung Ronny, semua perwira mempunyai kesempatan yang sama. Tetapi, ia kembali menegaskan dalam promisi suatu jabatan tertentu tetap melalui proses dari Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri.

"Semua mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan penyegaran," tegasnya.

Seperti diketahui, sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST/493/III/2015 yang diterbitkan pada Kamis 5 Maret 2015, Kombes Pol Victor Edi Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagkermadiklat Robindiklat Lembaga Pendidikan Kepolisian diangkat menjadi Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menggantikan Brigjen (Pol) Kamil Razak. Sedangkan posisi Brigjen Pol Kamil Razak bergeser menjadi Karo Renmin di Baharkam Polri. (Mhs/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini