Sukses

Saat Diringkus, Tersangka Pembunuh Pacar di Medan Coba Bunuh Diri

Ketika mengetahui polisi datang, tersangka pembunuh pacar ini sempat mencoba bunuh diri dengan cara gantung diri.

Liputan6.com, Medan - Setelah buron selama beberapa jam, Firman yang diduga membunuh pacarnya sendiri, akhirnya ditangkap personel Polresta Medan. Ia dicokok dari lokasi penginapan di kawasan Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Penangkapan pelaku bernama Irman Bakti Hasibuan atau Firman (20) warga Jalan Jantuar Blok 1 X, Kelurahan Martubung, Medan Labuhan ini berawal dari keterangan saksi dan bukti-bukti yang dikumpulkan.

"Jadi tadi malam kita mendapatkan laporan kalau terjadi pembunuhan. Kemudian kita lakukan cek TKP. Setelah kita mengetahui keberadaan pelaku langsung kita kejar di penginapan kawasan Sibiru-biru," kata Kasat Reskrim Polresta Medan Kompol Wahyu Bram didampingi Kanit Jatanras Iptu Dede Chandra, Minggu (8/3/2015).

Bram menjelaskan, ketika mengetahui polisi datang, tersangka sempat mencoba bunuh diri dengan cara gantung diri. Namun gagal karena tali yang digunakan tersangka putus.

"Sempat mencoba bunuh diri tersangka, tapi gagal talinya putus. Tali tersebut dibeli tersangka saat pelariannya ke sibiru-biru," tukas Bram.

Kemudian petugas pun memboyong pelaku ke Mapolresta Medan untuk menjalani pemeriksaan. "Pelaku dikenakan Pasal 338 jo 340 tentang Pembunuhan Berencana," sebut dia.

Dalam pemeriksaan, Bram mengungkapkan bahwa peristiwa pembunuhan yang menimpa Dina Nurdiana (17) warga Jalan Bersama No 68, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, ini terjadi karena tersangka sakit hati dengan perkataan pacarnya itu yang selalu melecehkannya. Sebelumnya, tersangka sendiri juga telah mendapatkan kabar kalau korban memiliki pacar lagi.

"Tersangka mengaku sakit hati karena selalu direndahkan korban, puncaknya tersangka emosi dan menghabisi korban,"pungkas Kompol Wahyu Bram.

Pada Sabtu 7 Maret 2015 malam, warga Jalan Bersama, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung gempar setelah mengetahui seorang warganya Dina Nurdiana (17) tewas dengan kondisi mengenaskan. Ia diduga akibat dibunuh oleh Firman yang tak lain adalah kekasih korban,

Petugas polisi yang turun ke lokasi langsung melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus tersangka kurang dari 24 Jam. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.