Sukses

Tjahjo: Pilkada Kerja Kita Semua, Akan Minim Konflik

Tjahjo Kumolo yakin, jaminan keamanan akan diberikan pemerintah daerah, kepolisian, dan TNI selama pilkada serentak berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Mulai Desember 2015, sebanyak 273 daerah akan melaksanakan Pilkada serentak di tingkatan provinsi dan kabupaten/kota. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ‎‎menjamin pemilu serentak akan berlangsung damai dan tidak terjadi konflik kepentingan di tiap daerah.

"Selama ini seperti disebut Pilkada sering terjadi konflik, tapi faktanya Pilkada tahun-tahun sebelumnya potensi konflik itu hanya terjadi di 6 wilayah, di Papua, Sulawesi, dan Jawa. Di Sumatera malah tidak terjadi," ujar Tjahjo dalam diskusi Bincang Senator 2015 bersama Liputan6.com, di Senayan City, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2015).

Politisi PDI Perjuangan itu yakin, jaminan keamanan juga akan diberikan pemerintah daerah, kepolisian dan TNI selama Pilkada serentak berlangsung.

‎"Pemilu serentak kan kerja kita semua. Kepolisian, pemerintah, TNI akan ikut mengamankan. Agar masyarakat bisa hadir di TPS menggunakan hak politiknya, bebas, aman dan terjamin. Saat sosialisasi, kampanye, pasti ada polisi, Linmas, elemen masyarakat, satgas partai. Tidak akan terjadi kekacauan," tegas dia.

Selain dihadiri Tjahjo, ‎diskusi yang rutin digelar akhir pekan ini juga dihadiri Ketua DPD RI Irman Gusman dan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)‎ Isran Noor. Dalam diskusi ini, mereka sepakat mendukung pelaksanaan Pilkada serentak dan berharap pelaksaan Pilkada tidak ada konflik.

"Kami berharap mekanisme parpol siklus 5 tahunan bisa diberdayakan, agar pemilu efektif dan efisien. Kalau tidak parpol ini mikirnya Pilkada terus, agar bisa fokus. Dan tentu biaya yang dikeluarkan negara lebih murah," pungkas Tjahjo. (Rmn/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini