Sukses

Kepopuleran Haji Lulung Kini Mengalahkan Jokowi dan Ahok

Tagar #SaveHajiLulung mulai beredar setelah Haji Lulung salah mengucap Uninterupted Power Supply (UPS).

Liputan6.com, Jakarta - Nama Haji Lulung terus meroket seiring makin banyaknya netizen yang mengicaukan #SaveHajiLulung. Bahkan kepopuleran Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu mengalahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Berdasarkan analisis Topsy.com. kicauan #SaveHajiLulung jauh melampaui jumlah tweet harian tentang Jokowi dan Ahok sejak 5 Maret 2015. Laman Topsy.com mencatat #SaveHajiLulung mulai bergulir sejak Kamis 5 Maret malam.

Berbeda dengan #SaveAhok yang berisi dukungan, tanda pagar (tagar) tentang Lulung yang bernama lengkap Abraham Lunggana tersebut berisi ejekan satire.

Puncak volume tweet #SaveHajiLulung terjadi pada 6 Maret dengan total 138.900 tweet sehari. Sehari berikutnya, meskipun jumlah kicauan menurun drastis ke 81.817, #SaveHajiLulung tetap lebih populer daripada Jokowi dan Ahok.

Melihat grafik jumlah tweet periode 6 Februari-8 Maret, total kicauan tentang Jokowi 1.434.807, Ahok 809.513, dan #SaveHajiLulung 245.167.

Berdasarkan puncak jumlah tweet masing-masing topik, kicauan terbanyak tentang Jokowi terjadi tanggal 18 Februari ketika Presiden Jokowi membatalkan pelantikan Budi Gunawan dan mengangkat Badrodin Haiti sebagai Kapolri yang baru (119.379 tweet).

Sementara puncak topik Ahok adalah pada 27 Februari dengan total kicauan 78.915, ketika Gubernur DKI Jakarta itu mulai mengungkapkan dugaan "dana siluman" RAPBD Jakarta 2015. Dua puncak ini tetap tidak sanggup melampaui popularitas #SaveHajiLulung yang mencapai 138.900 tweet pada 6 Maret.

Tagar #SaveHajiLulung mulai beredar setelah Haji Lulung salah mengucap Uninterupted Power Supply (UPS). Alih-alih menyebut UPS, pria dengan gaya rambut belah tengah itu bilang USB. (Ant/Riz/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Haji Lulung

Video Terkini