Sukses

Angkatan Laut Disadap, Peru Tarik Dubes dari Chile

Pemerintah Chile dituding Peru melakukan penyadapan pada aktivitas Angkatan Lautnya

Liputan6.com, Lima - Hubungan dua negara di Amerika Selatan, Peru dan Chile dilaporkan tengah memanas. Hal ini karena dugaan penyadapan yang dilakukan oleh Chile.

Pemerintah Chile dituding Peru melakukan penyadapan pada aktivitas Angkatan Lautnya. Meski belum dipastikan kebenarannya, Peru telah mengambil langkah keras.

Duta Besar negara tersebut resmi ditarik dari Ibu Kota Santiago. Tak cuma itu, Peru mendesak Chile menggelar penyelidikan mendalam untuk menemukan siapa orang yang bertanggungjawab dan berjanji tidak akan mengulang perbuatan tak menyenangkan ini di masa mendatang.

"Peru akan menarik Duta Besar dari Santiago sampai semuanya terselesaikan," sebut pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Peru, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (8/3/2015).

Menanggapi penarikan Dubes tersebut, Pemerintah Chile segera merespons. Mereka menyatakan belum bisa berkomentar. Hal ini karena adalah hak Peru untuk menarik Dubes.

"Keputusan tersebut adalah hak eksklusif dari Peru," sebut Menlu Chile Heraldo Munoz.

"Kami sampaikan pemerintah kami tidak akan berkomentar soal keputusan negara berdaulat lain. Kami juga tidak akan terima jika ada negara lain yang mengomentari keputusan yang berkaitan dengan kedaulatan Chile," tegasnya.

Penarikan Dubes Peru untuk Chile, datang beberapa saat ketika Pengadilan Internasional memberikan putusan soal batas laut kedua negara. Permasalah batas ini merupakan persoalan dasar kenapa dua negara bertetangga tersebut kerap berseteru.

Sementara untuk masalah penyadapan, bukan kali ini saja terjadi. Pada 2010, Otoritas Peru memenjarakan seorang anggota Angkatan Daratnya karena menjual informasi rahasia kepada Chile. (Ger/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini