Sukses

Ratusan Desa di Banten Tak Diterangi Lampu Jalan

Kondisi tanpa fasilitas lampu jalan itu terbanyak berada di wilayah Banten Selatan.

Liputan6.com, Serang - 601 Dari 1.551 desa dan kelurahan di Provinsi Banten, ternyata belum memiliki fasilitas penerangan jalan umum (PJU). Kondisi tanpa lampu jalan itu terbanyak berada di wilayah Banten Selatan. Di mana tercatat sebanyak 197 dari 339 desa dan kelurahan di Kabupaten Lebak belum memiliki PJU.

"Artinya baru hanya 142 desa dan kelurahan yang sudah memiliki PJU. Jadi lebih dari 50 persennya tidak memiliki PJU," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, Syech Suhaimi dalam pesan singkatnya, Minggu (8/3/2015).

Sedangkan desa dan kelurahan yang telah diterangi oleh PJU adalah wilayah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Dari 1.551 desa dan kelurahan di Provinsi Banten, sebanyak 601 belum memiliki PJU dan masih mengandalkan penerangan dari rumah warga yang berada di dekat jalan desa atau kelurahan.

"Keberadaan penerangan jalan utama (PJU) di desa dan kelurahan sebanyak 38,75 persen masih belum tersedia penerangan jalan utama," beber Syech Suhaimi.

Masih banyak jalan desa yang belum diterangi PJU, sehingga jalanan tersebut hanya mengandalkan penerangan dari rumah penduduk sekitar. Sedangkan sebanyak 716 desa dan kelurahan penerangan bersumber dari listrik pemerintah, dan sebanyak 234 desa dan kelurahan disediakan oleh non-pemerintah.

"Secara persentase desa dan kelurahan yang sudah memiliki penerangan di jalan utama adalah 61,25 persen. Sekitar 24,63 persen masyarakat tidak menggunakan listrik PLN," pungkas Syech Suhaimi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini