Sukses

Korban Kebakaran Tanah Abang Ditawarkan Pindah ke Rusun

Walikota Jakarta Pusat mengatakan, saat ini pihaknya fokus pada penanganan bantuan kepada korban agar kebutuhan mereka dapat terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran yang melanda pemukiman padat di Jati Bunder,Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis 5 Maret kemarin, telah menghanguskan ratusan rumah.

Dari data Walikota Jakarta Pusat tercatat rumah yang terbakar 284 unit. Sedangkan kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran berjumlah 533 KK dengan total jumlah penduduk 2.122 jiwa.

Walikota Jakarta Pusat (Jakpus) Mangara Pardede mengatakan, pemerintah siap merelokasi warga korban kebakaran ke rumah susun. Rencana ini akan dimusyawarahkan terlebih dulu kepada korban.

"Kita masih sedang meneliti kepemilikian lahan ini. Kalau warga sepakat, saya kira pemerintah akan siap bangun rusun. Kalau sepakat ya. Karena ini pemukimannya padat dan tidak teratur. Apalagi instalansi listriknya nggak standar," kata Mangara di lokasi kejadian, Jumat (6/3/2015).

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya fokus pada penanganan bantuan kepada korban agar kebutuhan mereka dapat terpenuhi
dengan baik.

"Melayani korban dulu. Biar mereka terjamin makannya. Anak-anak kita data. Supaya bisa segera bersekolah. Kita juga bangun tenda pengungsian di dua tempat. Di RW 14 dan pos RW 15," imbuh dia.

Selain menghanguskan rumah, kebakaran dahsyat ini juga menelan 1 korban jiwa. "Korban berusia 18 tahun. Sudah dibawa ke RSCM. Nanti kita pikirkan santunan kepada keluarga korban. Pasti ada (santunan)," jelas Mangara. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini