Sukses

Presiden Jokowi Resmi Buka Festival Cap Go Meh 2015 di Bogor

Presiden Jokowi ditemani Menteri Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Jokowi resmi membuka perhelatan pesta rakyat Street Festival Cap Go Meh 2015 di Kota Bogor, Jawa Barat sore ini. Kehadiran Jokowi di panggung utama langsung mendapat sambutan meriah dari warga.

Presiden Jokowi yang temani Ibu negara Iriana Jokowi datang sekitar pukul 16.20 WIB. Presiden juga datang bersama Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Walikota Bogor Bima Arya.

Setelah prosesi pembukan dengan berbagai tarian, Presiden secara resmi membuka perayaan Cap Go Meh. Dengan menggunakan bendera putih berlambang Cap Go Meh Presiden membuka arak-arakan pawai.

"Dengan mengucap Bismillah saya buka perayaan Cap Go Meh 2015," ucap Jokowi disambut riuh tepuk tangan penonton, Kamis (5/3/2015).

Arak-arakan pawai kesenian kebudayaan pun langsung bergerak. Diawali dengan marching band Puzdiksi ‎Bogor kemudian dilanjutkan dengan peserta pertunjukan lainnya seperti angklung, barongsai, dan liong.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher dalam sambutannya mengatakan pesta rakyat ini adalah pesta tahunan. "Tentunya pada sore hari ini sangat istimewa karena dihadiri presiden Jokowi. Ini sebuah kehormatan bagi warga Jawa Barat," ungkap dia.

Aher mengatakan, ada beberapa pesta Cap Go Meh di Jawa Barat seperti di Bandung, Cirebon, dan beberapa wilayah lainnya. Namun pesta Cap Go Meh terbesar itu berada di Bogor.

Dia menuturkan, Cap Go Meh adalah pesta budaya, bukan peristiwa agama. Artinya kebudayaan itu milik bersama. ‎Sebab, budaya itu netral, universal, dan tidak berideologi.

"Insya Allah kehadiran Bapak Presiden menjadi berkah untuk masyarakat," pungkas Ahmad Heryawan. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa.

    Cap Go Meh

  • Cap Go Meh Bogor

Video Terkini