Sukses

Suami-Istri Pembakar Bayi di Jatinegara Diringkus Polisi

Kepada polisi pelaku mengaku tak sengaja membakar bayinya sendiri. Bayi tersebut lahir tanpa bantuan medis kemudian tewas.

Liputan6.com, Jakarta - Sepasang suami istri ditangkap aparat kepolisian di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Keduanya diduga telah membakar bayinya sendiri yang baru dilahirkan dan dibuang di bawah Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (5/3/2015), Kapolsek Jatinegara Kompol Dasril mengatakan, penangkapan terhadap pelaku berhasil dilakukan berdasarkan keterangan 3 orang saksi dan informasi di sekitar TKP penemuan bayi.

"Anggota cukup aktif di lapangan mencari informasi di sekitar TKP. Dan saksi-saksi yang kami mintai keterangan ada 3 untuk memberi petunjuk mengarah ke pelaku," ucap Dasril.

Sementara Purwanto kakak tersangka menduga, adiknya tega membakar bayinya lantaran bingung tidak mempunyai biaya persalinan. Istri tersangka melahirkan tanpa bantuan medis hingga akhirnya bayi yang dilahirkan tewas.

"Kemungkinan dia melahirkan tapi dia nggak punya uang takut ngomong sama saya, takut ngomong sama kakak saya juga. Akhirnya ditanganin sendiri tuh bayi. Sampai akhirnya bayi itu tak terselamatkan," terang Purwanto.

Kakak tersangka juga mengatakan aksi nekat pelaku diduga akibat panik dan tidak tahu berbuat apa. Meski demikian, Purwanto tidak akan pernah membela adiknya jika dia terbukti bersalah secara hukum.

"Nah setelah bayi nggak terselamatkan ini feeling saya, kemungkinan dia panik terus mencari jalan pintas. Namanya orang nggak bener dia bakar. Dia pikir hukum nggak ada, sementara di sini hukum harus ditegakkan. Saya sebagai kakak juga tidak akan pernah membela adik saya kalau itu salah," lanjut dia.

Dalam pemeriksaannya, kepada polisi tersangka mengaku tidak sengaja membakar anaknya yang baru lahir. Bayi itu lahir Jumat 27 Februari lalu. Karena tidak ada pertolongan medis bayi tersebut kemudian tewas.

Rupanya pelaku kemudian menyimpan mayat bayi di antara tumpukan sampah. 2 Hari kemudian pelaku kembali ke tempat tersebut dan membakar tumpukan sampah yang berisi jasad bayinya.

Selasa 3 Maret dini hari kemarin, warga di sekitar jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur dikagetkan dengan bau menyengat dari tumpukan sampah di bawah Tol Wiyoto Wiyono. Ketika didekati ternyata ditemukan sesosok bayi tewas terbakar. Polisi yang datang ke lokasi menemukan luka bakar di bawah perut, pergelangan kaki, dan tangan bayi. (Nfs/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini