Sukses

5-3-1963: Awal Mula Permainan Hula Hoop

Wham-O menjadi produsen paling sukses hula hoop di zaman modern. Hingga kini penggemar benda tersebut masih ada.

Liputan6.com, New York - Pada hari ini tahun 1963, hula-hoop, mainan yang digunakan berputar di pinggang, menjadi tren besar di seantero Amerika. Perusahaan Wham-O adalah yang pertama memasarkannya pada 1958.

Diperkirakan 25 juta hula-hoop terjual dalam 4 bulan pertama produksinya. Lima tahun kemudian, perusahaan Arthur "Spud" Melin kemudian mematenkan mainan tersebut.

Kesuksesan hula-hoop berawal pada 1948. Ketika itu, Arthur Melin dan Richard Knerr mendirikan sebuah perusahaan di California, dan menjual ketapel ciptaan mereka untuk berburu elang. Nama perusahaannya, Wham-O, berasal dari interpretasi suara ketapel produksinya.

Produksi Wham-O akhirnya berkembang. Dari hanya ketapel bertambah menjadi bumerang dan barang olahraga lainnya, termasuk mainan berupa bulatan plastik terbang yang dikenal sebagai Frisbee --pertama kali debut pada tahun 1957.

Frisbee awalnya dipasarkan dengan nama yang berbeda yakni 'Pluto Platter', karena memanfaatkan daya tarik Amerika kala itu terhadap UFO -- pesawat makhluk ekstraterestrial.

Sementara Melin dan Knerr terinspirasi untuk mengembangkan hula-hoop setelah mereka melihat bulatan dari kayu yang digunakan anak-anak Australia-- diputar di sekitar pinggang selama pelajaran olahraga. Lalu perusahaan Wham-O mulai memproduksi versi plastiknya.

Mereka menjuluki produk tersebut dengan 'Hula', seperti nama tarian Hawaii. Lalu menunjukkannya pada taman bermain di Southern California. Hula hoop-mania atau kegemaran pada benda itu pun bermula di tempat ini.

Wham-O menjadi produsen paling sukses hula hoop di zaman itu. Mereka kemudian mematenkan Hula Hoop® dan mulai memproduksi besar-besaran mainan dari plastik Marlex pada tahun 1958.

Pada tanggal 13 Mei 1959, Arthur-Melin mengajukan permohonan paten untuk versi hula-hoop mereka. US Patent Nomor 3079728 pun diterima pada 5 Maret 1963 untuk kategori Toy Hoop atau hula hoop mainan.

Popularitas besar dari Hula Hoop-berumur pendek, hanya dalam hitungan bulan. Massa beralih ke hal besar berikutnya. Namun, Hula Hoop-tidak pernah memudar sepenuhnya dan masih memiliki penggemar hingga hari ini.

Peristiwa menarik lain yang terjadi tanggal ini tahun 1966, sebuah pesawat terbelah di udara dan potongannya terjatuh di atas Gunung Fuji. 124 Orang di dalamnya dilaporkan tewas.

Pilot pesawat itu diduga terbang dekat dengan gunung, demi menyajikan pemandangan spektakuler untuk para penumpang. Namun tiba-tiba terjadi turbulensi parah yang membuat burung besi itu terbelah di udara.

Sementara pada 5 Maret 2013, Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal dunia. Pria yang menjadi orang nomor satu di negaranya mulai tahun 1999 sampai akhir hayatnya tahun 2013, menghembuskan napas terakhir akibat kanker pada usia 58 tahun. (Tnt/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini