Sukses

Polri: Belum Ada Ancaman Jelang Eksekusi Duo Bali Nine

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny F Sompie menyatakan situasi keamanan di Lapas Nusakambangan jelang eksekusi mati masih kondusif.

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung dalam waktu dekat bakal segera mengeksekusi sejumlah terpidana mati tahap dua. Rencananya, eksekusi mati ini bakal dilangsungkan di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny F Sompie memastikan Polri siap membantu kejaksaan dalam mengawal proses eksekusi tersebut. Hingga kini, situasi keamanan di Lapas Nusakambangan jelang eksekusi mati masih kondusif.

"Sampai saat ini belum ada ancaman terhadap ataupun yang akan mengganggu, belum," kata Ronny di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2015).

Dengan masih kondusifnya situasi jelang eksekusi, Ronny menambahkan, Polri belum melakukan pengetatan di Lapas Nusakambangan. Tetapi jika hasil deteksi intelijen menunjukan ada potensi ancaman, polisi otomatis meningkatkan pengamanan.

"Semua tergantung deteksi polda masing-masing, karena polda yang tahu kondisi. Polda pasti lapor ke Kakorbrimob atau Kabaharkam jika membutuhkan tenaga ekstra untuk bantuan. Di sini (Mabes Polri) stok pasukan banyak," ucap Ronny.

Pindah

Pengamanan Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, ditingkatkan menjelang kedatangan 2 terpidana mati asal Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran yang dipindahkan dari Bali ke Pulau Nusakambangan.

Keduanya diberangkatkan menggunakan pesawat carter Wings Air dengan nomor penerbangan ATR-72-600 PK-WGO. Pesawat lepas landas pukul 06.50 Wita diiringi hujan deras, menuju Bandara Tunggul Wulung, Cilacap.

Kedua terpidana mati itu dibawa ke pesawat melalui jalur VIP Bandara Ngurah Rai. Keberangkatan keduanya dikawal ketat oleh TNI dan Polri. Petugas juga mensterilisasi sepanjang jalur lalu lintas yang dilalui kendaraan yang membawa kedua terpidana mati tersebut. Di dalam pesawat kedua terpidana mati itu dikawal ketat 20 personel Brimob Polda Bali.

Pengamanan ketat di bandara telah berlangsung sejak sekitar pukul 04.30 Wita. Petugas sempat mensterilisasi bandara sebelum duo Bali Nine itu tiba.

Sebelumnya sempat diberitakan, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan akan diberangkatkan ke Cilacap menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Namun hal itu dibantah langsung pihak Garuda dengan mengatakan, tak pernah ada pembicaraan tentang penggunaan pesawat Garuda untuk mengangkut duo Bali Nine itu. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.