Sukses

3 Korban KM Harmoni Ditemukan Setelah 8 Hari Tenggelam

2 Korban ditemukan terapung tak jauh dari lokasi tenggelamnya KM Harmoni. Sementara 1 lainnya ditemukan nelayan 7 mil dari bibir pantai.

Liputan6.com, Situbondo - Ratusan warga Desa Pesisir, Besuki, Situbondo, Jawa Timur Selasa (3/3) menanti kedatangan tim SAR. Di antaranya berharap korban yang akan ditemukan adalah anggota keluarga yang telah dinyatakan hilang 8 hari lalu saat kapal motor (KM) Harmoni tenggelam dihantam gelombang tinggi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (3/3/2015), tim SAR gabungan dari BPBD, Basarnas, dan TNI-Polri ini berhasil melakukan evakuasi terhadap 3 korban tenggelamnya kapal Harmoni dari tengah laut.

2 Korban ditemukan terapung tak jauh dari lokasi tenggelamnya KM Harmoni. Sementara 1 lainnya ditemukan oleh nelayan terapung di tengah laut yang diperkirakan berjarak 7 mil dari bibir pantai Besuki.

Hingga saat ini tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jatim masih berusaha melakukan identifikasi terhadap korban di RSUD Besuki. Kepala Pelaksana BPBD Situbondo Zainul Arifin mengatakan, kondisi korban mulai rusak terutama di bagian kepala.

"Kondisi ya agak rusak baik itu utamanya di bagian kepala. Kemudian tim forensik tadi menyatakan tidak bisa melakukan identifikasi karena sidik jari rusak," terang Zainul.

KM Harmoni milik nelayan ini tenggelam di perairan Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa 24 Februari lalu. Dari total 17 anak buah kapal (ABK) di KM Harmoni, 10 orang dinyatakan selamat, 4 orang dinyatakan tewas, sementara 3 lainnya masih belum ditemukan. (Nfs)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.