Sukses

2 Harimau Sumatera di Lampung Barat Dilepas ke Habitatnya

Menhut Siti Nurbaya, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, sejumlah dubes dan artis juga hadir dalam pelepasan 2 harimau Sumatera ke alam bebas

Liputan6.com, Lampung Barat - Begitu pintu kandang dibuka, 2 harimau ibu dan anak bernama Panti dan Petir ini pun berlari bebas. Kedua harimau Sumatera ini sengaja dilepasliarkan ke alam bebas setelah hidup di Rescue Center, Tambling Wildlife Nature Conservation, Lampung Barat, Lampung.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (3/3/2015), Menteri Kehutanan Siti Nurbaya didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut serta dalam pelepasan raja hutan ini.

Pelepasan 2 harimau ini juga dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, VJ Daniel Mananta, dan gitaris band Arkana asal Inggris Matt. Aksi ini merupakan kolaborasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dengan Tambling Wildlife Nature Conservation di bawah naungan Artha Graha Peduli.

Sejauh ini sudah ada 6 ekor harimau yang dilepaskan di alam bebas. Kawasan Tambling seluas 48 ribu hektare saat ini telah dihuni sekitar 30 harimau Sumatera yang populasinya hampir punah.

Sebelum dilepasliarkan, ada persiapan khusus yang perlu dilakukan saat masih menjadi penghuni Rescue Center. Masing-masing harimau diberi GPS agar mudah dilacak keberadaannya. (Nfs/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini