Sukses

Tidak Ada Hatta Rajasa, Kongres IV PAN Ditutup

Ketua Umum PAN periode 2015-2020 Zulkifli Hasan pun mengetahui, Hatta Rajasa dan pendukungnya tidak ada saat penutupan Kongres IV PAN.

Liputan6.com, Nusa Dua - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2010-2015 Hatta Rajasa tidak terlihat dalam penutupan Kongres IV PAN, di Hotel The Westin, Nusa Dua, Bali. Kendati, acara penutupan tetap berjalan.

Pantauan Liputan6.com, Senin (2/3/2015), hanya ada pendukung ketua umum PAN terpilih Zulkifli Hasan yang hadir. Tak tampak satu pun pendukung Hatta Rajasa. Penutupan kongres diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan mars PAN.

Ketua Umum PAN periode 2015-2020 Zulkifli Hasan pun mengetahui kondisi ini. Ia memaklumi dan bersyukur ruang kongres masih terisi penuh.

"Alhamdulillah ramai, 99% terisi, tanda-tanda kekompakan di depan mata‎," ujar dia.

Ketua MPR itu juga menyampaikan agar kader PAN memahami kompetisi sudah berakhir. Bila ada yang mau berbahagia atau bersedih dianggap wajar sebagai manusia, tapi tidak boleh berlebihan.

‎"Bahagia manusiawi, tapi harus menimbang rasa. Ada temen yang bersedih, bersedih manusiawi tapi jangan lama. Beri empati bagi yang bersedih. Mereka juga pahlawan bagi partai kita. Kompetisi sudah usai, saatnya bersatu, kita bersaudara," kata Zulkifli.

Zulkifli menegaskan, dirinya akan segera menunjuk 12 orang sebagai formatur struktural DPP PAN. "Saya harap dalam 1 bulan, termasuk kepengurusan sudah selesai. Bulan berikutnya kita bisa berlari kencang untuk tepati janji pada kader kita dan bangsa."

"Sudah diamanatkan dalam rapat pleno kongres, kita untuk formatur diserahkan pada ketua umum. Saya minta dimaklumi teman-teman, beri sedikit waktu, apakah 2-3 hari untuk sampaikan nama-nama formatur yang 12 itu," tegas Zulkifli‎.

"Dengan mengucap bismillah, Kongres IV PAN saya nyatakan ditutup," tandas Zulkifli.

Hatta Rajasa gagal terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2015-2020 pada Kongres IV PAN di Nusa Dua, Bali. Zulkifli unggul tipis dari pesaingnya, Hatta Rajasa. Perolehan suara Hatta Rajasa 286 suara, Zulkifli 292 suara, selisih suara 6 dengan catatan 4 suara rusak dan total suara 582. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini