Sukses

KNKT: Mudah-mudahan Ada Fakta Baru dari Badan AirAsia QZ8501

Badan pesawat seberat kurang lebih 10 ton tersebut dibawa menggunakan Kapal Crest Onyx.

Liputan6.com, Jakarta - Badan SAR Nasional (Basarnas) menyerahkan bangkai badan Pesawat AirAsia QZ8501 ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Badan tersebut diserahkan ke KNKT untuk keperluan investigasi penyebab jatuhnya pesawat tipe Airbus A320-200 tersebut.

Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan, sampai saat ini tim investigator KNKT masih melakukan penyelidikan, termasuk bangkai badan pesawat.

Karena itu, dia berharap, pihaknya dapat menemukan suatu fakta baru terkait musibah yang menelan nyawa 162 orang tersebut.

"Dengan badan pesawat ini mudah-mudahan akan ada fakta baru," ujar Tatang di Kapal Nasional (KN) SAR Pacitan, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (2/3/2015).

Bangkai badan Pesawat AirAsia QZ8501 yang berhasil dibawa Tim SAR ‎Gabungan dari lokasi pencarian ke Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat 26 Februari 2015. Badan pesawat seberat kurang lebih 10 ton tersebut dibawa menggunakan Kapal Crest Onyx.

Saat tiba, Senin 2 Maret 2015 pagi, badan pesawat yang sudah tidak utuh lagi itu ‎langsung diserahkan Basarnas ke KNKT. Badan pesawat itu diperlukan KNKT untuk keperluan investigasi penyebab jatuhnya pesawat bertipe Airbus A320-200 yang membawa 155 penumpang dan 7 kru tersebut.

Nantinya, bangkai badan pesawat AirAsia QZ8501 akan dipotong-potong hingga menjadi bagian kecil untuk mempermudah pengangkutan. Bagian-bagian kecil itu kemudian akan dibawa menggunakan truk ke Hanggar STPI Curug, Banten. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.