Sukses

Zulkifli Hasan Menang di Tikungan Akhir

Saat itu perolehan suara masih seimbang, yaitu 285 suara bagi Hatta Rajasa dan 285 bagi Zulkifli Hasan.

Liputan6.com, Nusa Dua - Dramatis. Itulah gambaran kemenangan Zulkifli Hasan meraih Ketua Umum Partai Amanat Nasional periode 2015-2020. Ketua MPR RI itu menikung kemenangan kandidat incumbent atau petahana Hatta Rajasa yang sebenarnya hampir pasti diperoleh saat kertas suara menyisakan 7 lembar. Pendukung Hatta pun saat itu yakin akan memenangi pertarungan. Namun, takdir berkata lain.

Saat itu perolehan suara masih seimbang, yaitu 285 suara bagi Hatta dan 285 bagi Zulkifli. Kedua kubu pendukung calon sama-sama menarik napas dan melantunkan doa-doa agar jagoannya menang. Tapi hasil draw atau seri tidak akan mungkin diperoleh dalam adu penalti.

Suara untuk Hatta saat itu lebih dulu naik ke 286. Ibarat di tikungan terakhir untuk menuju finish atau garis akhir, Zulkifli langsung saja tancap gas dan terus bertambah menjadi 286, 287, 288. Namun perolehan suara Zul tak bisa diikuti Hatta yang berhenti di 286.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (1/3/2015) malam, pendukung Zulkifli Hasan makin optimistis akan menang dengan merangsek maju ke depan. Tapi upaya pendukung dihadang oleh anggota pengamanan kongres yang dibantu keamanan hotel.

"Hidup Bang Zul! Hidup Zul!" teriak para pendukung Zul yang bernafsu ke depan memberi selamat kepada jagoannya.

Akibat insiden itu, penghitungan suara sempat terhenti sejenak. Tapi akhirnya penghitungan suara bisa diselesaikan.

"Perolehan suara Hatta Rajasa 286 suara, Zulkifli Hasan 292 suara, selisih suara 6 dengan catatan 4 suara rusak dan total suara 582," kata Ketua Steering Committee Kongres IV PAN Taufik Kurniawan.

Mendengar hasil perolehan suara yang dibacakan Ketua SC, Hatta Rajasa pun langsung bereaksi dan memberi selamat kepada Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN periode 2015-2020. Ucapan selamat Hatta dibalas dengan pelukan hangat Zulkifli. Keduanya pun mengangkat tangan layaknya pembalap yang selesai melakukan lomba di sirkuit. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.