Sukses

Jelang Pemilihan Ketua Umum PAN, Hatta dan Zulkifli Saling Lobi

‎Atas lobi-lobi ini, jadwal yang sudah diatur akan mundur. Sebab, pembahasan tata tertib belum berlangsung dan sidang masih diskorsing.

Liputan6.com, Nusa Dua - 2 Kandidat Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan, tengah melakukan lobi secara tertutup di arena Kongres PAN IV. Lobi tersebut untuk membahas 2 pasal yang dianggap saling menjatuhkan.

Kedua pasal itu untuk pembentukan komisi laporan pertanggungjawaban yang dinilai menjatuhkan Hatta Rajasa sebagai calon petahana dan pasal pembentukan komisi rangkap jabatan yang dinilai menjatuhkan Zulkifli Hasan.

"Ada lobi Pak Hatta dan Pak Zul. Lobi diskusikan 2 pasal itu. Pasal itu dianggap saling menjatuhkan, saling menyandera. Diharapkan lobi akan menghasilkan sesuatu," kata Ketua DPP PAN Agung Muzin‎ di Hotel Melia, Nusa Dua, Bali, Minggu (1/3/2015) siang.

Atas lobi-lobi ini, jadwal yang sudah diatur akan mundur. Sebab, pembahasan tata tertib belum berlangsung dan sidang masih diskorsing. Hal ini juga berdampak pada penyelenggaraan pemilihan Ketua Umum PAN yang baru.

"Kemungkinan tertunda sampai besok pagi untuk pemilihan ketumnya,"‎ imbuh Agung.

Agung pun meminta agar tak ada lagi insiden serupa. Ia menyarankan agar ‎dinamika politik yang terjadi dalam kongres tidak menggunakan kekerasan, tapi mengedepankan debat argumentasi di forum sidang.

"Jangan gunakan cara barbar. PAN bukan partai seperti itu," ujar dia. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.